Eropa Sepakati Stimulus, Rupiah Menguat Tajam

Ilustrasi Rupiah menguat tajam hari ini.Ist

 

Medan | Jurnal Asia 
Stimulus dari Uni Eropa pada akhirnya disetujui setelah melewati proses yang panjang. Jumlah stimulus yang dikucurkan senilai 750 miliar Euro atau setara dengan Rp12.000 triliun. Keberhasilan dalam kesepakatan stimulus tersebut bisa berdampak poisitif bagi pasar keuangan global termasuk pasar keuangan Indonesia.

Analis Pasar Keuaagan, Gunawan Benjamin mengatakan, salah satu sentimen yang sempat diragukan di awal pekan kemarin memang bersumber dari kemungkinan gagalnya proses pengambilan kebijakan untuk stimulus di Eropa. Namun sentimen itu saat ini telah hilang dan di pekan ini pasar keuangan tidak dalam tekanan besar.

Kondisi Rupiah dan IHSG berpeluang membaik. Namun yang menjadi persoalan selanjutnya adalah terkait dengan realisasi kemungkinan memburuknya data pertumbuhan ekonomi yang akan menjadi salah satu pertimbangan pelaku pasar dalam memproyeksikan kelanjutan kinerja pasar keuangan kedepan.

“Sejauh ini memang belum akan berdampak serius ke pasar keuangan. Risiko tekanan hanya akan muncul jika realisasi datanya lebih buruk dari ekspektasi sebelumnya. Ini yang bisa menjadi motor pelemahan,” katanya, Rabu (22/7/2020).

Sementara itu, kata dia, sentimen positif berbaik muncul dan cukup kuat menopang pasar keuangan di pekan ini. Salah satunya adalah uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3.

Pembukaan pasar pada hari ini, IHSG dibuka menguat di level 5.141,60 dan Rupiah juga menguat tajam di level 14.605 per US Dolar.

“Meski demikian pelaku pasar masih akan tetap bersikap penuh hati hati di paar saham karena rawan aksi profit taking,” pungkasnya.(nty)

 

 

 

 

 

One response to “Miliki Potensi Besar, Sumut Produksi Bawang Putih 988 Ton 

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X