Klasifikasi dan Morfologi Pakis Haji

Saat ini Pakis Haji banyak ditanam sebagai tanaman hias di taman-taman. Cocok di tanam pada sudut rumah maupun sebagai pemanis pada taman kota.

Padahal, dalam lingkungan atau habitat aslinya. Pakis Haji bisa dijumpai di daerah dataran tinggi dengan suhu yang dingin.

Mengingat, nilai jual dan kandungan manfaat nutrisi yang baik, maka Pakis Haji mulai banyak dibudidayakan di perkotaan sebagai konsumsi makanan sehari-hari masyarakat dan dijual di tukang sayur.

Ciri-ciri Pakis Haji, memiliki daun berwarna hijau tua. Daunnya berbentuk sangat unik yang menyerupai daun palem tetapi ukurannya kecil. Sehingga apabila ditanam di kebun halaman rumah atau tanaman hias dapat menambah keindahan teras rumah dan membuat taman menjadi lebih asri.

Tetapi sebenarnya antara pohon palem dan pakis haji memiliki kerabatan yang sangat jauh. Mungkin karena susunan anak daunnya yang tersusun berpasangan menjadikan kedua jenis tanaman ini terlihat sama.

Sedikit informasi tentang klasifikasi dan morfologi Pakis Haji bagi yang akan mencoba budi daya tanaman ini :

1. Klasifikasi Pakis Haji
Pakis Haji disebut juga dengan nama sikas diambil dari istilah latinnya Cycas adalah sekelompok tumbuhan berbiji terbuka yang tergabung dalam marga pakis haji atau Cycas dan juga merupakan satu-satunya genus dalam suku pakis haji-pakis hajian (Cycadaceae).

Beberapa spesies yang biasa ditanam di Indonesia yang banyak dijumpai ditaman-taman rumah atau taman kota yang mirip pohon palem itu namanya adalah Cycas Rumphii, Cycas Javana, serta Cycas Revoluta (sikas Jepang)

Berikut klasifikasi ilmiah pakis haji:

– Kingdom: Plantae
– Divisi: Cycadophyta
– Kelas: Cycadopsida
– Ordo: Cycadales
– Family: Cycadaceae
– Genus: Cycas
– Species: kurang lebih ada 100 jenis species

2. Morfologi Pakis Haji
Pakis Haji memiliki ciri-ciri fisik atau morfologi sebagai berikut:

– Berbentuk pohon
Pakis haji memiliki bentuk seperti pohon palem. Akan tetapi, batang pokoknya lebih pendek dan rendah.

-Mirip palem
Dari segi ciri ciri dan bentuk menyerupai palem. Namun, bukan termasuk keluarga atau spesies palem.

– Usia bisa menahun
Sebagai pohon hias atau tanaman hias, pakis haji dapat hidup selama puluhan tahun.

– Dapat mencapai tinggi 4 meter
Tinggi pakis haji dapat mencapai 4 meter. Ukuran yang tidak terlalu tinggi, masih relatif aman untuk ditanam di sekitar rumah karena tidak terlalu membahayakan lingkungan sekitarnya.

3. Lingkungan tempat tinggal
Pakis Haji adalah jenis tanaman yang mirip pohon palem. Dapat tumbuh hingga hitungan tahun dan mencapai tinggi sampai 4 meter.

4. Akar
Akar Pakis Haji termasuk dalam sistem akar tunggang atau radix primaria.

5. Batang
Batang pokok pakis haji juga menyerupai palem. Ciri ciri batang pokok Pakis Haji berupa batang tegak lurus dengan diameter sekitar 30 cm. Pola percabangan batang adalah monopodial.

6. Daun
Daun Pakis Haji secara sepintas terlihat seperti keris. Dengan daun majemuk yang menyirip atau yang lebih dikenal dengan paripinnatus. Anak daun bercabang hingga pucuk. Pucuk daun yang masih muda menggulung, seperti pada daun paku.

7. Bunga
Bunga Pakis Haji masuk dalam kategori monoecus. Pada strobilus betina, bunga terdiri dari megasprofil berbentuk seperti senjata keris yang berluk-luk. Di dalamnya terdapat ovulum dua buah atau lebih tepat pada bagian tepi carpelum. Sementara, pada strobilus jantan. Mikrosporofil membentuk sisik yang susunannya rapat.

8. Biji
Biji Pakis Haji berbentuk bulat-bulat seperti pohon palem. Namun, mikrosporofil bentuknya menyirip dengan calon biji dua buah hingga 5 buah tepat pada permukaan carpelum.

(int/berbagai sumber)

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X