Tren Infeksi Meningkat, IDI Siap Bantu Kabupaten Karo Tangani Covid-19

IDI bertemu dengan Bupati Karo, siap membantu penanganan Covid-19. Ist

Karo | Jurnal Asia
Perkumpulan IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Kabupaten Karo menegaskan akan membantu Pemda Karo dalam mensosialisasikan antisipasi penyebaran penanganan Covid-19 yang saat ini dinyatakan siaga darurat bencana nasional non-alam.

Demikian dikatakan ketua IDI Kab Karo Dr Herman Bangun saat memberi saran dan masukan kepada Bupati karo Terkelin Brahmana,di ruang kerjanya Selasa (24/3/2020) kemarin.

Baca Juga : Waspada Covid-19, Umat Buddha Diimbau Lakukan Sembahyang Cheng Beng di Rumah

Herman mengaku, saat ini IDI cabang Kab. Karo ada berjumlah 70 orang tenaga medis, yang selalu siap membantu pemerintah, untuk itu dia meminta kepada Bupati agar IDI dapat dilibatkan setiap rapat dan kegiatan yang dilakukan tim Gugus Tugas Covid-19.

Ia menilai dengan kehadiran IDI nantinya bersama dengan tim Gugus Tugas Covid-19 yang telah dibentuk, minimal IDI sesuai peran dokter dapat memberikan sosialisasi tentang sosial distancing, dan pemberian vitamin /fooding bagi tenaga kesehatan (Nakes ) untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Selain itu, IDI akan menyampaikan terkait persiapan ruangan dan nakes kepada masyarakat, mengingat saat ini diyakini trend terinfeksi meningkat beredar dikalangan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Update Covid-19 di Sumut! Jumlah ODP 1976 Orang, 3 Pasien Meninggal Dunia

“Justru ini, peran IDI untuk menangkal hal yang berkaitan penanganan Covid-19 yang selama ini mis-Informasi yang tersebar berseliweran dimana mana, dampak ini menimbulkan keresahan, kekhawatiran, kecemasan bahkan berujung paranoid,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyambut positif keberadaan IDI cabang Kab Karo, dengan meminta IDI untuk dilibatkan, dalam tim Gugus Tugas dalam melawan Covid-19.ujarnya

Baca Juga : Berkeliaran Saat Wabah Corona, BD Ekstasi Asal Tanjungmorawa Diringkus Polisi

“Sikap IDI ini, akan kita sampikan kepada Ketua Gugus Tugas, namun kebetulan ada unsur Gugus tugas kadis kesehatan bersama kita disini, maka alangkah baiknya kadis kesehatan kordinasikan dengan tim yang lainnya, sesuai mekanisme yang ada, walaupun kita tidak sama, tapi kita bekerjasama,” ucapnya.

Hal serupa dikemukakan Kadis Kesehatan Karo Drg Irna Safrina Meliala, bahwa peran IDI cabang kab. Karo sangat membantu jika dapat berkolaborasi dengan tim yang sudah berkerja sejak dibentuk, tentu dalam hal mengedukasi masyarakat terkait Covid-19.

Dikesempatan itu, Irna menyebut akan memfasilitasi keinginan IDI Karo kepada ketua tim untuk setiap pertemuan di Pemda Karo akan melibatkan dan mengundang IDI dan saat ke lapangan bersama bupati, dinkes dan Tim Gugus Tugas Covid-19.(Herman)