Merry Riana Berbagi Kiat Sukses


Medan | Jurnal Asia
Pengusaha, motivator sekaligus penulis, Me­rry Riana menyarankan bermimpilah setinggi-tingginya karena de­ngan impian bisa me­rubah hidup seseorang. Dan orang-orang yang sukses selalu berani keluar dari zona aman.

Menurut Merry, ada banyak hal agar impian tersebut terwujud asalkan memiliki pondasi hidup. Pertama, energi positif, energi yang memberikan hidup, meng­ge­rak­kan dan menjadikan mim­­pi menjadi kenyataan. Dan ke­dua, harus berpartisipasi, ja­ngan hanya menjadi seorang pe­nonton ataupun komentator tetapi harus ikut berpartisipasi. Semakin banyak berpartisiapasi maka akan semakin banyak value-value yang didapat.

“Jika hanya duduk diam ki­ta tidak akan mendapat apa-apa dan hidup tidak berubah,” ka­ta­nya di depan ribuan peserta se­minar Follow Your Dream and Show Them, kemarin. Pada kesempatan tersebut, Merry Riana juga membagikan 7 pedoman keberhasilan dalam hi­dupnya, pertama, berani ber­mim­pi besar. Namun, mimpi itu belum terlalu cukup, harus bisa fokus dan teropsepsi dengan hal itu dengan membuat itu secara nyata.

“Di awal karir saya, saya me­­ngambil sebuah keputusan dan jika ada yang merubah ada­lah diri saya sendiri. Berawal dari mimpi sejuta dolar dan ak­hirnya menjadi kenyataan. Di usia saya yang ke 26 saya bisa membayar utang kuliah di Singapura dan berpenghasilan uang sejuta dolar. Kalau saya bisa, saya yakin semua bisa. Asalkan anda berani bermimpi besar, membuka pikiran sehingga berhasil,” tukasnya.

Yang kedua, lanjutnya, berani me­ngambil langkah pertama. Tidak ada yang memastikan ka­lau kita bertanding pasti me­raih kemenangan tapi kalau kita tidak ikut pertandingan sudah pasti kita tidak bisa me­nang.

“Kita harus berani mengambil langkah pertama dan tentunya menjadi ahli sesuai dengan prosesnya. Jangan menunggu dulu, langsunglah melakukan dan modal paling besar adalah keberanian, berani mengambil langkah utama,” tandasnya.

Formula keberhasilan yang ke­tiga adalah melangkah de­ngan cerdas. Kalau benari-benar ingin mewujudkan mimpi jangan sekedar ikut-ikutan harus memiliki strategi untuk bisa mencapai mimpi tersebut. “Sesuatu tidak datang dengan sendiri. Dengan kerja keras dan keberanian uang bisa dicari, mimpi dapat menjadi kenyataan,” tandasnya.

Pedoman keemapat, katanya, melangkah bersama, harus mau bekerjasama dan menghargai satu sama dengan yang lainnya. Kun­cinya, kolaborasi dan komit­men artinya harus satu visi dan akan meraih kebahagian. Ke­mu­dian, melangkah sampai tun­tas. Dibutuhkan komitmen yang cukup tinggi dalam me­nye­le­saikan langkah-langkah.

Keenam, adalah melangkah dengan ikhlas. Apapun pekerjaan kita, kita harus melangkah de­ngan ikhlas, Tuhan selalu me­nyer­tai hidup kita dan setiap lang­kah. Yang kita lakukan de­ngan sunggu-sungguh jika kita melakukan yang terbaik pasti Tuhan akan memberikan hasil yang baik.

“Dan yang terakhir, menikmati setiap langkah. Bersyukur dan harus bisa bersyukur. Jika tidak bersyukur dengan apa yang dimiliki sekarang ini maka anda tidak akan pernah bahagia de­ngan apa yg anda miliki men­datang karena manusia ti­dak pernah puas,” tandasnya.

Sebelumnya, Enterpreneur Mu­da, Ardi Luhur menerangkan, ada empat tipe manusia. Per­ta­ma, punya impian tapi tidak punya aksi dan tipe seperti ini biasa­nya jarang berhasil karena le­bih banyak berangan-angan dan tidak melakukan sesuatu atas impiannya.

Tipe kedua, sambungnya, ber­tindak tapi tidak punya mimpi. Ini tipe yang tidak memiliki perubahan yang signifikan dan hidupnya selalu monoton. Tidak memiliki impian dan hanya me­ngikuti alur dan ini akan ba­haya, jika memiliki mimpi kita tahu akan kemana dan dapat melakukan yang terbaik dalam hidup.

“Tipe ketiga, orang yang tidak punya impian dan tidak punya aksi. Orang seperti ini lebih sering protes dengan pekerjaan orang lain tetapi tidak memiliki solusi. Dan tipe terakhir orang yang sering berhasil yakni me­miliki mim­pi dan beraksi, ini ada­lah sang pemenang,” pung­kas­nya.
(netty)

Close Ads X
Close Ads X