Masyarakat Tionghoa Sumut Salurkan Bantuan Alkes dan APD ke 20 Rumah Sakit

Perwakilan dari RS terima bantuan dari MITSU.Ist

Medan | Jurnal Asia
Masyarakat Tionghoa Sumatera Utara kembali memberikan bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dan Alat Pelindung Diri (APD) kepada 20 rumah sakit di Sumatera Utara (Sumut). Bantuan Alkes dan APD ini diberikan untuk membantu mencegah dan menanggulangi percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Sumatera Utara.

Sebelumnya, tahap pertama bantuan diberikan kepada RS Bhayangkara dan Polda Sumut (30/3), tahap kedua bantuan diberikan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Sumut (31/3), tahap ketiga bantuan diberikan Kodam-I/Bukit Baris (1/4).

Baca Juga : Kabar Gembira, Sudah 8 Pasien Covid-19 Sembuh di Sumut

Kemudian, tahap keempat diberikan kepada 20 Rumah Sakit yang ada di Sumut, antara lain RS St Elisabeth Medan, RS Siloam Medan, RS Bina Kasih Medan, RS Murni Teguh Medan, RS Colombia Asia Medan, RS Martha Friska Medan, RS Pekerja Imelda Medan, RS Islam Malahayati Medan.

Kemudian, RS Sembiring Delitua, RS Sari Mutiara Medan, RSU Royal Prima Medan, RS Bandung Medan, RS Bunda Thamrin Medan, RS Bhayangkara Tebingtinggi, RS Kumpulanpane Tebingtinggi, RS Pamela Tebingtinggi, RS Chevani Tebingtinggi, RSUD Deliserdang dan RSU Rantauprapat.

Dan kali ini merupakan penyerahan bantuan tahap kelima untuk 20 Rumah Sakit di Sumut.

Alkes yang diberikan berupa masker sensi sebanyak 5 Kotak/@50 Lembar, Masker Total sebanyak 1 Kotak/@50 Lembar, Handschoen Sensi sebanyak 2 Kotak/@100 Lembar, Handschoen Panjang sebanyak 1 Kotak/@50 Lembar, Alkohol Swab sebanyak 10 Kotak/@100 Lembar dan Sepatu Boats Yumeida sebanyak 1 Kotak/@10 Ukuran.

Pihak rumah sakit yang hadir dan diberikan bantuan antara lain RSU Gunung Sitoli Nias, RS Methodist Medan, RS Mitra Sejati Medan, RS Sarah Medan, RS Madani Medan, UPT Puskesmas Sirapit, Langkat, RS Katarina Kisaran, RS Sei Dadap Kisaran, RS Deli Medan, RSU Padang Sidimpuan, RSU Inanta Padang Sidimpuan, RSU Metta Medika Padang Sidimpuan, RSU Kasih Insani Medan, RS Methodist Susana Wesly Padang Bulan Medan. Kemudian Dinas Lingkungan Hidup Deli Serdang.

Sementara rumah sakit yang belum hadir pada saat serah terima bantuan antara lain RS Tanjung Pura, RS Amanda Kabanjahe, RSU Sidikalang dan RSU Haji Simatupang serta RS Mitra Medika Tanjung Mulia.

Ketua Harian Perhimpunan Masyarakat Indonesia Tionghoa Sumatera Utara (MITSU) selaku Koordinator Panitia Kerja Masyarakat Tionghoa Sumatera Utara Peduli Covid-19, Juswan Tjoe mengatakan, hal ini merupakan penyerahan bantuan tahap kelima Masyarakat Tionghoa Sumatera Utara. Pihaknya memberikan bantuan Alkes dan APD untuk para anggota medis yang berada di rumah sakit maupun petugas yang bertugas mencegah dan menanggulangi percepatan penanganan penyebaran Covid-19.

Baca Juga : Viral, Preman Patok Uang Bongkar Muat Rp1,5 Juta di Gudang Alfamidi Amplas, Ini Tindakan Polisi

Juswan menyatakan, Masyarakat Tionghoa Sumatera Utara ingin turut serta membantu bangsa, yang saat ini berada dalam kesulitan dengan minimnya ketersediaan Alkes.

“Hari ini kami serahkan bantuan tahap kelima secara simbolis kepada 20 rumah sakit yang ada di Sumatera Utara berupa Alkes yang saat ini sangat diperlukan oleh rumah sakit. Dan bantuan ini akan terus berlanjut Alat Pelindung Diri (APD) yang saat ini barangnya belum tiba di Medan mengingat untuk lokal sulitnya¬†barang tersebut hingga mengharuskan impor,” katanya di halaman Gedung MITSU Kampus Hijau STBA PIA di Jalan K. L. Yos Sudarso Lr. 12, Glugur Kota, Medan, Selasa (7/4/2020).

Juswan melanjutkan, bukan hanya memberikan bantuan ke rumah sakit saja, tetapi pihaknya juga akan mencari jalan keluar bersama unsur terkait untuk membantu masyarakat yang sehat namun kesulitan akibat dampak wabah Cobid-19 ini.(nty)

 

 

Tinggalkan Balasan

Close Ads X
Close Ads X