Siap Tampung Pengunjung, Museum Kereta Api Ambarawa Kembali Dibuka

Museum KA Ambarawa.Ist

 

Jakarta | Jurnal Asia
PT Kereta Api Pariwisata (Kawisata) membuka kembali tempat wisata Museum KA Ambarawa yang selama ini ditutup akibat mewabahnya virus corona (Covid-19). Museum tersebut kembali dibuka bagi para wisatawan dengan menerapkan protokol adaptasi kebiasaan baru.

Direktur Utama PT KA Pariwisata, Totok Suryono mengatakan, Museum Kereta Api Ambarawa resmi beroperasi Selasa (28/7/2020). Sebelumnya, manajemen tempat wisata ini telah melakukan persiapan penyediaan fasilitas untuk higienitas pengunjung.

“Kita sediakan delapan tempat cuci tangan, begitu juga handsanitizer dan thermogun. Di area masuk telah menggunakan sistem Electronic gate dengan scan barcode di tiket masuk sehingga menjadi lebih praktis, aman juga nyaman,” katanya, Kamis (30/7/2020).

Baca Juga : Nikmati Kemegahan Arsitektur Klasik Lawang Sewu Lewat Virtual Tur Kawisata

Selain itu, PT KA Pariwisata bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang juga telah melakukan sosialisasi protokol kesehatan masa adaptasi kebiasaan baru kepada para petugas.

“Kami mulai menata dan melakukan persiapan untuk membuka kembali tempat wisata ini bagi kunjungan wisata. Kami berharap, pengunjung merasa aman dan nyaman dengan penerapan protokol kesehatan dengan kebiasaan baru,” tuturnya.

Saat ini, jam operasional museum yakni pukul 09:00 WIB-15:00 WIB di mana sebelumnya beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB. Dan pembatasan jumlah pengunjung yang masuk sebanyak 50%.

Sementara, untuk Kereta Wisata Reguler maupun sewa juga akan dibatasi jumlah penumpangnya dengan kapasitas hanya 50% dari kapasitas normalnya, dari semula 40 orang per kereta menjadi 20 orang per kereta. Untuk kereta ada 3 rangkaian kereta kayu yang disiapkan dengan kapasitas maksimal 116 orang, sehingga dengan adanya pembatasan 50% berarti saat ini bisa melayani kurang lebih 58 pengunjung.

“Akan tetapi, pengoperasian Kereta Wisata Museum KA Ambarawa reguler saat ini belum dijalankan. Untuk sementara waktu, kereta dijalankan jika ada permintaan sewa saja,” tegasnya.

Humas PT KA Pariwisata, Ilud Siregar, menambahkan saat ini untuk pembelian tiket masuk sudah bisa secara cashless Gopay, Ovo dan Link Aja.

“Sebelumnya, kami telah melakukan inovasi kegiatan dengan menghadirkan Virtual Tour Indonesian Railway Museum. Kegiatan ini guna mengajak masyarakat yang rindu kegiatan traveling di kereta api dan tempat wisata museum secara virtual,” pungkasnya.(nty)

 

 

Close Ads X
Close Ads X