Konsep Dasar Mengajar Dalam Islam

Robie Fanreza, M.Pd.I (Dosen Fakultas Agama Islam UMSU)

Dalam kamus besar bahasa Indonesia konsep adalah rancangan. Sementara dasar adalah bagian yang terbawah. Sedangkan mengajar asal katanya adalah ajar yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui atau secara deskriptif mengajar diartikan sebagai proses penyebaran informasi atau pengetahuan dari guru pada siswa.

Konsep dasar mengajar adalah merancang dari bagian yang terbawah untuk mencapai atau memberikan petunjuk kepada orang lain untuk dimengerti dan dipahami. Guru memegang peran penting dalam kegiatan pembelajaran.

Sehubungan dengan proses pembelajaran yang berpusat pada guru, maka ada 3 peran utama yang harus dilakukan guru. Yaitu guru sebagai perencana, penyampai informasi dan evaluator.
Sebagai perencana, guru perlu menyiapkan berbagai hal yang diperlukan. Sebagai penyampai informasi, guru perlu menggunakan metode yang tepat untuk menyampaikan informasi.

Sebagai evaluator, guru menentukan alat evaluasi keberhasilan pengajaran. Apa saja konsep dasar yang harus diperhatikan dalam proses belajar mengajar oleh pendidik. Menurut Surya Puspita Sari ada tiga bagaimana memahami konsep dalam mengajar dalam kelas.

Pertama, siswa sebagai objek belajar maksudnya adalah siswa sebagai objek belajar, kesempatan siswa untuk mengembangkan kemampuan sesuai dengan minat dan bakatnya, bahkan untuk belajar sesuai dengan gayanya sangat terbatas. Sebab, dalam proses pembelajaran segalanya diatur dan ditentukan oleh guru.

Kedua, siswa sebagai subjek belajar. Dalam konsep mengajar sebagai proses mengatur lingkungan, siswa dipandang sebagai organisme yang aktif, yang memiliki potensi untuk berkembang. Mereka adalah individu yang memiliki kemampuan dan potensi.

Ketiga, pembelajaran berorientasi pada pencapaian tujuan. Tujuan pembelajaran adalah proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Sejauhmana materi pelajaran yang dikuasai siswa dapat membentuk pola perilaku siswa itu sendiri. Metode yang digunakan guru tidak hanya ceramah, tetapi menggunakan berbagai metode, seperti penugasan, kunjungan ke objek tertentu, dan sebagainya.

Bagaimana dalam Islam konsep dasar mengajar. Dalam alquran pada surat alimran ayat 104 Dan hendaknya di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menerus kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar: merekalah orang-orang yang beruntung.

Maka ada peran guru untuk mengajarkan pada muridnya agar tetap bertakwa dan beriman kepada Allah. Dan hal tersebut harus diajarkan dengan baik melalui proses belajar mengajar. Dan Rasul pun menguatkan dalam hadisnya Rahmat Allah bagi seluruh pengganti-pengganti Ku Beliau SAW. Di tanya: siapakah pengganti-pengganti Tuan itu? Beliau SAW. Bersabda: mereka itu ialah orang-orang yang menghidupkan SunnahKu dan mengajarkan kepada hamba Allah (HR. Ibnu Adlbbarr).

Jika pendidikan diterapkan kepada seluruh insan dengan baik, maka tidak akan muncul persoalan- persoalan seperti Gafatar, LGBT, dan sebagainya. Mengapa karena telah dididik dengan benar. Oleh karena itu perlu disadari bahwa dalam mendidik harus memberikan motivasi kepada peserta didik untuk berbuat baik.

Kemudian penyampaian harus dengan santun yang telah ditetapkan didalam alquran dan hadis. Dan perlu disadarkan kepada masyarakat bahwa tugas mendidik itu bukan hanya dibebankan kepada guru saja, justru semua elemen masyarakat harus aktif untuk memberikan pendidikan baik secara formal atau non formal. Fastabiqul khairat

Close Ads X
Close Ads X