Semangat dan Karya Pemuda

Peristiwa sejarah Sumpah Pemuda merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini menjadi satu tonggak utama bangkitnya semangat para pemuda Indonesia untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan peringatan sumpah pemuda pada setiap tanggal 28 Oktober yang selalu menjadi landasan semangat para pemuda, walau berada dalam problematika yang menyeluruh.

Peran pemuda dalam suatu bangsa adalah ujung tombak pergerakan, sumber ide kreatif dan sebagai harapan. Ironisnya, sebagian besar pemuda terjebak dalam berbagai kegiatan yang kontraproduktif, kurang berkualitas serta daya saing yang rendah untuk memajukan bangsa.

Namun dibalik banyaknya pemuda seperti itu, masih ada segelintir pemuda yang membuktikan dirinya berbeda dan disebut sebagai pemuda berprestasi. Manusia tercipta dengan potensi masing-masing dan juga kelebihan yang ada dalam diri sendiri. Kita tidak tercipta hanya untuk menonton orang lain sukses dan bahagia.

Namun, kita juga harus berproses sebagai orang yang akan diakui oleh dunia. Kini pertanyaan yang paling membekas mendengar prestasi kebanyakan pemuda di luar sana menuntut kita bertanya dalam hati “Lantas, siapa saya?” Ketahuilah mereka tidak lebih sempurna darimu, semua orang diciptakan sama saja.

Akan tetapi mereka sudah tahu apa yang menjadi kelebihan mereka dan berusaha untuk mengembangkannya hingga bisa bermanfaat bagi dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Sehingga setiap mata melihatnya, setiap telinga mendengar dan dunia mengakuinya. Pantaskan diri untuk dapat diakui. Bersemangatlah anak muda Indonesia! Sukses tidak diciptakan untuk sebagian orang, tapi hadiah yang bisa diambil oleh semua orang yang berusaha menggores kenyataan dengan impiannya.

Marilah kembangkan potensi yang kita miliki dengan konsep yang lebih universal untuk kemaslahatan orang banyak. Kita sama-sama saling menginspirasi, menyamakan visi, bersatu dan bekerjasama untuk maju bersama Indonesia, demi kejayaan bangsa dan negara. Jangan tanyakan apa yang bangsa ini bisa berikan kepada Anda tapi coba tanyakan apa yang Anda dapat berikan kepada bangsa ini dimulai dari diri sendiri dengan hal kecil sejak sekarang. Yakinlah kita bisa.

Indonesia yang kita impikan adalah Indonesia yang tanpa kemiskinan, Indonesia yang tanpa kelaparan, Indonesia yang tersenyum tanpa kesakitan dan Indonesia sebagai negara sejahtera. Kita bisa menyamai negara yang sudah lebih dahulu maju, namun bukan dengan cara berjalan. (*)

Close Ads X
Close Ads X