Madrid Tak Lepas Pedal Gas

Madrid – Kemenangan di Camp Nou membuat Real Madrid di atas angin saat gantian menjamu Barcelona. Meski punya keuntungan besar, bukan berarti Madrid akan lebih santai.

Madrid berhasil mempermalukan Barcelona 3-1 di leg pertama, akhir pekan lalu. Dengan hasil itu, Los Blancos hanya butuh minimal imbang ketika meladeni Barca di leg kedua yang digelar di Santiago Bernabeu, Kamis (17/8) dinihari WIB.

Sementara itu, Barca dihadapkan pada pekerjaan yang amat berat. Untuk merengkuh trofi juara, Lionel Messi dan kawan-kawan mesti bisa mengalahkan Madrid dengan selisih tiga gol.

Apalagi, Barca kini bisa dibilang masih dalam tahap adaptasi. Menyusul kepergian mengejutkan salah satu bomber andalannya, Neymar, ke Paris St Germain sekitar dua pekan lalu.

“Saya tidak terlalu cemas dengan situasi mereka. Saya hanya fokus pada apa yang kami lakukan. Pertandingan akan sangat sulit karena mereka adalah tim yang penuh gengsi, dan akan kemari dengan motivasi tinggi untuk mengubah hasilnya,” kata pelatih Madrid Zinedine Zidane.

“Di momen apapun, Barcelona bisa membuat Anda dalam kesulitan. Saya tidak meragukannya. Di leg pertama, mereka punya banyak peluang. Jadi kami harus memainkan sebuah pertandingan yang bagus, seperti yang telah kami lakukan di sana, dan bermain sampai akhir.”

Madrid dipastikan akan bertanding tanpa Cristiano Ronaldo. Sang superstar-nya itu sedang dalam masa hukuman larangan bertanding di lima laga usai menerima kartumerah dan mendorong wasit di leg pertama.

Seperti yang sudah diketahui, Real Madrid mengawali musim ini dengan cemerlang. Mereka berhasil meraih trofi Piala Super Eropa setelah menaklukan Manchester United dengan skor 2-1. Untuk itu mereka membidik trofi kedua mereka musim ini dengan memenangkan Supercopa De Espana.

Kubu Los Blancos sendiri sudah lama tidak memenangkan trofi Piala Supercopa de Espana ini. Mereka terakhir memenangkan trofi tersebut pada tahun 2012. Fakta ini akan membuat para punggawa El Real lebih bersemangat untuk meraih kemenangan di depan para pendukung mereka pada hari Kamis mendatang.

Meski unggul dua gol, kubu Los Blancos wajib ekstra waspada. Pasalnya mereka punya rekor kandang yang cukup buruk saat menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, di mana kubu El Blaugrana memenangkan tiga dari lima lawatan terakhir mereka ke markas Madrid itu. Untuk itu mereka tidak boleh lengah jika mereka tidak ingin trofi Piala Super Spanyol melayang begitu saja.

Selain Ronaldo yang absen, pada laga ini Zidane tidak memiliki masalah cedera yang berarti. Dengan kondisi ini, Zidane kemungkinan akan menurunkan skema 4-3-1-2 pada laga ini, di mana Isco akan menopang pergerakan dua penyerang Real Madrid, Gareth Bale dan Karim Benzema. Di lini tengah, Luka Modric kemungkinan akan kembali menjadi starter menggantikan Mateo Kovacic yang cedera, sementara duet Sergio Ramos dan Raphael Varane akan bertugas mengamankan lini pertahanan El Real.

“Kami harus memperbaiki diri dalam banyak hal dan masih ada leg kedua, ini belum berakhir. Terlepas dari rivalitas yang menjadi pertunjukan besar, ini adalah bagian terbaik dari sepakbola. Itu adalah sesuatu yang bagus,” ujar bek sayap Madrid, Marcelo.

Di kubu tim tamu, pelatih Ernesto Valverde datang ke Ibukota Spanyol tanpa kekuatan terbaiknya. Rafinha, Thomas Vermaelen dan Andre Gomes diragukan untuk tampil pada laga ini setelah kondisi mereka belum cukup fit untuk bermain. Tertinggal dua gol, Valverde diprediksi akan melakukan sejumlah pergantian pada timnya. Dengan skema 4-3-3, nama Gerard Deulofeu akan kembali dipasang bersama dengan Luis Suarez dan Lionel Messi di lini serang El Blaugrana. Di lini pertahanan, nama Samuel Umtiti dan Aleix Vidal kemungkinan akan ditarik keluar untuk digantikan dnegan Javier Mascherano dan Nelson Semedo, sementara posisi kiper akan kembali ditempati oleh Marc Andre Ter Stegen. (dc-bn)

Close Ads X
Close Ads X