Kapolres: Waspadai Banjir-Longsor Ketika Hujan Lebat

Langkat | Jurnal Asia
Warga Kabupaten Langkat diingatkan untuk mewaspadai potensi curah hujan yang lebat, karena dapat menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor. “Saat ini memasuki musim penghujan, diharapkan jajaran kepolisian mau pun masyarakat untuk mengantisipasii sedini mungkin terjadinya banjir dan tanah longsor,” kata Kapolres Langkat AKBP Dwi Asmoro di Stabat, Selasa (22/12).

Kapolres menyampaikan im­­bauan kewaspadaan itu di hadapan jajaran Kapolsek dan Camat di Langkat saat meng­ge­lar persiapan Operasi Lilin Toba 2015. Ia mencontohkan seperti yang terjadi baru-baru ini di kawasan wisata Bukit Lawang di Kecamatan Bahorok dengan munculnya banjir yang datang menerjang dan merusak puluhan pondok warga yang berada di bantaran sungai.
Begitu juga titi gantung yang ada di kawasan wisata tersebut yang putus karena hantaman banjir.

Namun pihaknya bersyukur karena tidak adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut disebabkan unsur muspika te­lah menunjukkan kesigapannya dalam melakukan antisipasi, ter­masuk mengevakuasi warga ke daerah yang tinggi.

Kapolres juga menyampaikan apresiasi terhadap personel dari Polsek dan Koramil Bahorok yang mampu berbaur bersama warga dalam membantu membersihkan dan memperbaiki rumah dan pon­dok warga yang rusak diter­jang banjir.

Menurut Kapolres, selain mengantisipasi banjir dan tanah longsor, Polres Langkat juga mengharapkan agar tercipta suasana yang aman dan kondusif di jalan raya menjelang perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Untuk itu, Kapolres meng­ins­truksikan jajaran Sat­lantas Polres Langkat agar melaku­kan cipta kondisi dengan menggelar operasi yang bertujuan un­tuk mengingatkan warga agar ber­hati-hati dan tidak me­nim­bul­kan kemacetan, apalagi ke­ce­la­kaan di jalan raya.

“Jalin koordinasi yang baik dengan pihak terkait, seperti dengan Dinas Perhubungan, Koramil, dan semua elemen mas­ya­rakat agar bersama menjaga ke­tertiban dan kea­manan di ja­lan raya selama perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung,” katanya. Kapolres berharap pihaknya dapat menekan angka ke­ce­la­kaan lalulintas dalam pe­ra­yaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. (ant)

Close Ads X
Close Ads X