Jumlah Penumpang KM Kelud Meningkat Jelang Lebaran

Medan – Jumlah penumpang kelas ekonomi yang menggunakan jasa angkutan Kapal KM Kelud di Pelabuhan Belawan-Medan, meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah.

Kepala Cabang PT Pelni Medan-Belawan Yusral di Medan, Rabu (21/6), mengatakan peningkatan jumlah penumpang tersebut diperkirakan mencapai 5 persen dari hari-hari biasa, dan dinilai sebagai hal yang wajar, Jumlah penumpang Kapal KM Kelud pada hari biasanya, menurut dia, hanya mencapai 600 hingga 800 orang.

“Namun, penumpang KM Kelud yang berangkat dari Pelabuhan Belawan tujun Batam, Kamis (22/6) atau H-2 Idul`Fitri 1438 Hijriah, diperkirakan bisa mencapai ribuan orang jumlahnya,” ujar Yusral.

Ia mengatakan, meningkat­nya frekwensi jumlah penum­pang KM Kelud tersebut, karena berkaitan dengan mudik Lebaran pada tahun 2017.

“Jadi, yang namanya Lebaran cukup banyak orang yang melakukan mudik (pulang ke kampung halaman) untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri,” katanya.

Yusral menambahkan, Kapal KM Kelud, Sabtu (17/6) rute pelayaran Tanjung Priuk-Batam- Tanjung Balai Karimun dan Belawan mengangkut 3.012 penumpang yang melakukan mudik Lebaran.

Sementara itu, Kapal KM Kelud yang berangkat Minggu (18/6) dari Pelabuhan Belawan tujuan Batam hanya mengangkut 600 penumpang.

Ia mengatakan, jumlah penumpang KM Kelud yang akan tiba di Pelabuhan Belawan, Kamis (22/6) diperkirakan akan mencapai 3.014 penumpang.

“Kemudian, arus balik penumpang Lebaran menggunakan Kapal KM Kelud dari Pelabuhan Belawan tujuan Batam dijadwalkan Selasa (4/7),” kata Kepala Pelni Medan.

(ant)

Close Ads X
Close Ads X