Antisipasi Banjir di Penghujung Desember 2019, Pemkab Karo Bangun Box Culvert

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Bappeda Nasib Sianturi saat meninjau pekerjaan box culvert dan revitalisasi drainase di Jalan Meriam Ginting Kabanjahe. Ist

Medan | Jurnal Asia
Menghadapi musim penghujan di penghujung bulan Desember 2019, Pemkab Karo membangun Box Culvert (gorong-gorong beton) untuk mengantisipasi banjir di daerah Kabanjahe dan Berastagi.

“Pemkab Karo membuat terobosan agar setiap hujan turun masyarakat tidak lagi resah dan terganggu akibat sistem drainase yang belum memadai, maka pihaknya telah membuat pembangunan Box Culvert untuk keperluan saluran air,” ujar Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat meninjau pengerjaan revitalisasi drainase Simpang 3 Mesjid Agung Jalan Mariam Ginting Kabanjahe, Kamis (23/12/2019).

Ia mengatakan pembangunan Box Culvert ini berrujuan untuk membagi air yang selama ini satu muara di Simpang 3 Mesjid Kabanjahe. “Sebab selama ini kita tahu asal hujan turun semua air kiriman dari Berastagi ke arah Kabanjahe bertumpu di saluran air di Simpang 3 Mesjid Kabanjahe,” ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya pembangunan Box Culvert ini dapat mengurai air kiriman dari Berastagi menuju Kabanjahe sehingga tidak ada lagi kebanjiran di sekitar Kabanjahe maupun rumah warga.

Plt PUPR Pemkab Karo Paksa Tarigan membenarkan bahwa pekerjaan box culvert ini sedang berlangsung pekerjaannya dan anggaran ini dari APBD Karo.

“Pekerjaan ini dipastikan sudah seharusnya siap diakhir bulan Desember 2019 ini sesuai dengan kontraknya, dan Box Culvert ini tahun 2020 sudah dapat difungsikan, sehingga Kabanjahe akan kurang titik titik kebanjiran,” jelasnya.

Sementara salah seorang warga, Seth Tarigan mengapresiasi kinerja Pemkab Karo sebab dengan terbangunnya Box Culvert ini, dirinya berharap tidak mengalami kebanjiran lagi di tempat tinggalnya di Gg Pelita dan di Gg Mariam Ginting.(wo)

Comments are closed.
Close Ads X
Close Ads X