YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera Dapat Penghargaan dari Menteri Agama

Menteri Agama RI, Fachrul Razi beri penghargaan kepada YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera.Ist

Medan | Jurnal Asia
YM Bhikkhu Jinadhammo Mahathera bersena sejumlah tokoh agama lainnya di Sumatera Utara (Sumut) menerima penghargaan dari Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) H. Fachrul Razi, Sabtu (4/1/2020) di Aula Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan.

Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) H Fachrul Razi, penghargaan ini diberikan atas peran serta dan konstribusi dalam mewujudkan kerukunan umat beragama dan pembangunan keagamaan di Provinsi Sumatera Utara.

“Saya mengucapkan terima kasih atas catatan-catatan luar biasa di Sumatera Utara karena telah melaksanakan tugas-tugas dengan sangat baik,” katanya.

Tentang kerukunan antar umat beragama dia mengakui bahwa kerukunan umat beragama itu sudah menjadi ukuran dunia, kalau di sebuah negara kerukunan umat beragamanya rendah, pasti orang tidak mau datang. Mana mau orang non-muslim, mana mau orang luar datang ke tempat yang kerukunan umat beragamanya rendah.

Sumut menempati urutan kesepuluh dengan indeks kerukunan sebesarĀ 76,3. Sementara indeks rata-rata nasional adalah 73,83 dengan kategori tinggi.

“Tapi saya puji bahwa di Sumatera Utara ini kerukunan umat beragamanya diatas rata-rata nasional. Tolong ini dijaga betul-betul, karena dengan itu kita bisa hidup rukun dan damai,” ucapnya.

Diakhir acara, Fachrul Razi bersama para tokoh agama Sumatera Utara menandatangani Deklarasi Anti Radikalisme.(nty)