Perpustakaan UMSU Raih Akreditasi A

Finalis BI Corner Award

Medan | Jurnal Asia

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional RI dengan nomor 00059/LAP.PT/IX/2019. Selain itu, Perpustakaan UMSU dengan BI Cornernya juga menjadi finalis penerima BI Corner Award 2018.

“Prestasi ini tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh civitias akademika dan kerja keras UPT Perpustakaan,” kata Rektor UMSU Dr Agussani MAP didampingi Plt Kepala UPT Perpustakaan Muhammad Arifin MPd dan Humas Ribut Pribadi MSi di Perpustakaan UMSU, Jalan Muktar Basri Medan, Rabu (28/11).

Dia mengatakan, sebagai rektor sangat berkomitmen untuk memajukan perpustakaan dan berharap UPT Perpustakaan UMSU terus melakukan terobosan, inovasi, dan perubahan-perubahan baik mindset maupun perubahan sarana dan prasarana serta teknologi.

“Saya sebagai rektor sangat bersyukur dan berterimakasih khususnya kepada Plt Kepala Perpustakaan UMSU dan seluruh jajarannya atas prestasi yang telah diraih yakni memeroleh Akreditasi A,” katanya.

Menurutnya, berdasarkan pantauan yang dilakukan minat baca mahasiswa sangat tinggi. Kunjungan mahasiswa ke perpustakaan mencapai 1.000-1.400-an lebih per harinya.

“Ini menunjukkan antusias mahasiswa untuk membaca sudah tumbuh apalagi ditambah dengan pemanfaatan fasilitas dan teknologi,” kata Agussani.

Rektor juga menyerahkan buku “Wajah UMSU dalam Bingkai Media” yang berisi tentang kumpulan berita kegiatan UMSU yang diekspos di sejumlah massa. Buku itu diharapkan bisa dimanfaat mahasiswa.

Rektor juga melakukan kunjungan corner-corner seperti Warung Prancis, Japang Corner, India Corner dan BI Corner serta berdiskusi dengan mahasiswa. Melihat ramainya pengunjung maka perpustakaan UMSU ke depan dikembangkan dan memperluas ruangan.

Rektor juga memberi apresiasi atas prestasi UPT Perpustakaan UMSU melalui BI Corner yang telah masuk finalis 6 besar BI Corner Award 2018. Dari 290 BI Corner perguruan tinggi yang ada UMSU telah mencapai 6 besar dan berharap bisa menjadi yang terbaik. BI Corner UMSU akan bersaing dengan 6 BI Corner perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Muhammad Arifin MPd mengatakan sangat bersyukur atas Akreditasi A untuk UPT Perpustakaan UMSU. Dengan akreditasi A tentunya menunjukkan segala yang dilakukan UPT Perpustakaan UMSU telah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.

Dijelaskannya, visitasi akreditasi Perpustakaan UMSU dilakukan pada 13-15 Agustus 2018 dan telah dibahas dalam Rapat Tim Pusat Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) pada 3 September 2018 dan menyatakan UPT Perpustakaan UMSU telah lulus dengan hasil Akreditasi A. (swisma-van)