Menag Kunjungi 2 Vihara Terbesar di Sumut dan se-Asia Tenggara

 

Menag, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi
di Vihara Mahakaruna Buddhist Center.Ist

Medan | Jurnal Asia
Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI), Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi mengunjungi vihara terbesar di Sumatera Utara, Kota Medan dan se-Asia Tenggara, Vihara Mahakaruna Buddhist Center yang didirikan pada 2005 dan diresmikan tahun 2012. Kunjungan dilanjutkan ke Vihara dan kedua terbesar di Medan yakni Maha Vihara Maitreya, Minggu (5/1/2020).

Kunjungan ke kedua vihara tersebut didampingi Ketua Dewan Penasihat Himpunan Pemuda Indonesia Maju (HIMPIM), Benny Ridwan dan Ketua Umum HIMPIM, Mutiara Nur Adinda dilakukan usai kunjungan kerja di Medan dalam menghadiri Hari Amal Bakti ke-74 di Kanwil Agama Sumut, dan Pembinaan ASN UIN Sumut.

Kedatangan Menag Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi disambut pengurus dan umat Buddhis yang sedang menjalankan ibadah.

Project Director Pembangunan Vihara Mahakaruna Buddhist Center, Rusliati Rusli menyampaikan, seluruh pengurus dan umat merasa sangat gembira dan terharu atas kunjungan Bapak Menag. Ia juga mengeluhkan terkait akses jalan yang tidak memadai menuju vihara yang sudah 14 tahun didirikan tersebut.

“Pengurus dan umat sudah sekian lama berdoa agar akses jalan tersebut mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Kami berharap dengan kedatangan Bapak Menag ini maka doa kami akan segera terkabul,” katanya.

Menag Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi pun langsung menanggapi dengan melihat kondisi akses yang telah disampaikan oleh pengurus serta menginstruksikan langsung ke Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi untuk memperhatikan akses jalan ini.

“Untuk akses tersebut harus segera diperhatikan oleh pemerintah daerah karena vihara merupakan salah satu tempat ibadah yang memang seharusnya mudah untuk didatangi oleh umat yang akan melakukan kegiatan ibadah,” tegasnya.

Menag, Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi kunjungi Maha Vihara Maitreya.Ist

Kunjungan dilanjutkan ke Maha Vihara Maitreya di Perumahan Cemara Asri Medan dan disambut oleh ratusan muda mudi vihara dengan tarian dan lagu berjudul Dunia Satu Keluarga dengan penuh semangat dan energik. Lalu bersama pengurus berkeliling melihat kondisi Vihara.

Menag juga berpesan agar umat beragama harus hidup rukun dan damai supaya NKRI ini maju seperti judul lagu yang dibawakan muda-mudi Maha Vihara Maitreya.(nty)