Lawan Diabetes Melalui Senam Sehat

 

Ribuan peserta ikuti senam sehat di Medan.Ist

Medan | Jurnal Asia
Menyemarakkan World Diabetes Day (Hari Diabetes Sedunia), Minggu (10/11/2019) Tropicana Slim mengajak keluarga Indonesia cegah dan lawan diabetes melalui kampanye #Hands4Diabetes.

Beragam kegiatan digelar seperti jalan santai, senam sehat keluarga, cek gula darah gratis dan lainnya di 37 kota di Indonesia dan di Medan sedikitnya 1.500 peserta mengikuti kegiatan tersebut.

Brand Manager Tropicana Slim, Noviana Halim mengatakan, memasuki tahun keenam, kampanye dengan tema “Keluarga dan Diabetes” ini mengedukasi masyarakat bahwa setiap anggota keluarga memiliki peran besar untuk pencegahan diabetes. Selain itu, semangat dalam mendukung anggota keluarga yang telah menyandang diabetes.

“Semangat ini pun diturunkan dalam bentuk “Senam Keluarga Lawan Diabetes”, hasil kolaborasi RSCM FKUI, Tropicana Slim, dan Sobat Diabet. Gerakan senam sehat ini terdiri dari dua jenis olahraga, yaitu olahraga aerobik untuk melatih jantung, serta olahraga resisten untuk melatih otot tubuh,” katanya.

Kepala Divisi Metabolik-Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, dr. Dante Saksono, SpPD-KEMD, PhD mengungkapkan, diabetes masih menjadi momok yang perlu dilawan dan dicegah secara serius oleh masyarakat.

Berdasarkan data Riskesdas 2013, 90 persen dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2. Umumnya terjadi pada orang dewasa, namun beberapa tahun terakhir makin banyak ditemukan pada usia dewasa muda di bawah 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja.

“Inilah mengapa edukasi terkait diabetes sejak dini sangat penting di keluarga sehingga sadar dan tahu cara yang tepat mencegah dan melawan diabetes. Jika tidak ditangani dengan baik, angka kejadian diabetes diprediksi akan melonjak hingga 21,3 juta jiwa pada 2040,” tegasnya.

Ia mengimbau, konsumsi makanan dan minuman yang sehat. Gunakan pemanis rendah kalori sebagai pengganti gula pasir sebagai alternatif penggganti gula dan sudah terbukti aman dikonsumsi dan sesuai standar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Manager Promotion Area Sumatera, Alif Patria menambahkan, melalui kegiatan senam sehat, pihaknya mengajak masyarakat beraktivitas fisik sebagai salah satu upaya hidup sehat dan mencegah diabetes. Pihaknya juga melakukan pemeriksaan gula darah gratis sebagai bentuk deteksi dini diabetes mengingat penyakit diabetes tidak memiliki gejala pada tahap awal.

“Harapannya, para diabetesi dapat memperoleh penanganan sedini mungkin untuk menghindari timbulnya komplikasi. Bagi mereka yang terdeteksi pre-diabetes juga dapat ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes,” ucapnya.(nty)