HUT Dewa Tua Pek Kong, 1.500 Angpau Dibagikan ke Masyarakat

 

Pengurus Yayasan Cahaya Kemakmuran Negeri foto bersama.Netty

Medan | Jurnal Asia
Yayasan Cahaya Kemakmuran Negeri membagikan sekitar 1.500 angpau di lingkungan Kelurahan Tegal Sari I Medan, Minggu (23/2/2020). Pembagian angpau ke masyarakat ini dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Dewa Tua Pek Kong.

Pembina Yayasan Cahaya Kemakmuran Negeri, Budiman Wijaya mengatakan, perayaan HUT Dewa Tua Pek Kong jatuh pada bulan 2 tanggal 2 penanggalan Lunar. Sebagai rasa syukur, setiap ulang tahun selalu membagikan angpau kepada warga sekitar Kelenteng Jalan AR Hakim Gang Raya No 23/25 Medan.

Tahun ini, lanjutnya, pihaknya membagikan 1.500 angpau di 12 lingkungan di Kelurahan Tegal Sari atas donatur dari anggota di Jakarta dan Medan. Sistem pembagian angpau langsung mendatangi rumah-rumah warga yang dianggap kurang mampu.

“Biasanya, angpau selalu dibagikan di Kelenteng Tua Pek Kong. Tapi dari tahun ke tahun pembagiannya sering ricuh karena ribuan orang datang dan banyak juga warga sekitar yang tidak kebagian. Jadi ada sekitar enam tim yang membaginya langsung,” katanya didampingi Ketua Yayasan Cahaya Kemakmuran Negeri, Betty Lie.

Menurut kepercayaan, kata dia, Dewa Tua Pek Kong adalah dewa yang mengatur keuangan, memberikan rezeki dan kelancaran serta memajukan usaha dan karir bagi pengikutnya. Angpau ini sebagai ucapan syukur karena masih terus diberi rezeki.

“Tepat malam perayaan ulang tahun, kami melakukan ritual sembahyang dengan tujuan mendapatkan berkah dan kami berdoa tetap diberi rezeki dan kesehatan di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Ia berharap, sedikit sumbangsih yang diberikan kepada warga dapat memberikan manfaat. Dan tahun depan diharapkan semakin banyak lagi donatur yang ikut berpartisipasi.

Ketua Kelenteng Yang A Khiang, Leo Pratama menambahkan, kegiatan ini akan terus dilakukan setiap tahunnya. Dan jika sistem pemberian langsung ke rumah-rumah warga ini berhasil maka akan terus dilanjutkan.

“Kita akan melihat kondisi di lapangan nanti seperti apa, jika lancar dan sukses maka tahun depan juga akan dibuat seperti ini. Dan kita berdoa agar para donatur terus diberi rezeki sehingga pembagian angpau untuk warga ini dapat terus terlaksana,” pungkasnya.

Leo juga berterima kasih kepada Kapolsek Medan Area beserta jajaran, Danramil Medan Area beserta jajaran, Polmas Tegal Sari I, Aiptu M.Satuti L dan Babinsa Tegal Sari I, Koptu Purnomo, pihak Kelurahan Tegal Sari I beserta jajaran dan 12 Kepala Lingkungan, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda yang ikut berpartisipasi dalam membantu kelancaran dan kesuksesan saat di lapangan.

Salah satu warga, Junaidi mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur dan mendoakan semua donatur agar selalu sehat dan banyak rezeki. Sehingga setiap tahun para donatur bisa memberikan angpau kepada semua warga di Kelurahan Tegal Sari I.(nty)