Gerakan Donor Darah Bersama Targetkan 1.000 Kantong Darah

 

Kegiatan donor darah bersama.Ist

Medan | Jurnal Asia
Mengajak masyarakat hidup sehat, Perkumpulan Sosial Persaudaraan Yap Budi Luhur (PSPYBL), Persaudaraan Marga Zhang, dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Medan akan menggelar Gerakan Donor Darah Bersama. Kegiatan ini ditargetkan dapat mengumpulkan 1.000 kantong darah.

Salah satu panitia kegiatan, Elly mengatakan, kegiatan donor darah akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Desember 2019 mendatang, pukul 09.00 WIB sampai pukul 18:00 WIB di Cambridge City Square Medan.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, terutama dalam bidang kesehatan. Serta menyosialisasikan mengenai pentingnya donor darah dan manfaat yang didapatkan bagi sang pendonor.

“Kegiatan donor darah ini merupakan kedua kalinya kami mengadakannya dan kami menargetkan hingga 1.000 kantong darah dalam kegiatan ini. Kegiatan ini juga sangat  bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh, karena tubuh selalu memproduksi darah-darah baru,” katanya, Senin (25/11/2019).

Ia menambahkan, tak hanya donor darah, dalam kegiatan ini. Pihaknya juga bekerja sama dengan beberapa instansi yang menyediakan konsultasi kesehatan secara umum.

“Selain itu akan ada pemeriksaan kesehatan dan akupuntur serta pemeriksaan tulang secara gratis oleh Master Lim Li dan Meri Edward,” ujarnya.

Elly menjelaskan, usia maksimal untuk melakukan kebiasaan donor darah yaitu hingga berusia 60 tahun. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada 5 manfaat kesehatan lain yang dapat dirasakan dari donor darah.

Manfaat pertama menjaga kesehatan jantung, kedua mendeteksi penyakit serius, ketiga meningkatkan produksi sel darah merah, keempat membantu penuruan berat tubuh, dan kelima mendapatkan kesehatan psikologis.

“Dengan segala manfaat donor darah, baik fisik maupun sosial, serta kemendesakan kebutuhan darah nasional, tidak ada alasan lagi untuk menunda donor darah. Ayo donorkan darahmu, jadilah Pahlawan Kemanusiaan!,” tandasnya.(nty)