Ratusan Napi Lapas Langkat Kabur, Polisi Perketat Pemeriksaan di Jalur Perbatasan

Ratusan napi berada di halaman Lapas. Ist

Langkat | Jurnal Asia
Polda Sumatera Utara (Sumut) memperketat pemeriksaan di jalur perbatasan, pasca kaburnya ratusan narapidana (napi) di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III Langkat.

Pemeriksaan terhadap pengendara dan penumpang umum serta barang bawaan dilakukan di wilayah perbatasan untuk mencegah ke luarnya para napi dari Kabupaten Langkat.

“Kita sudah perintahkan anggota di lapangan melakukan razia untuk mencegah kaburnya (ke luar Langkat) para napi itu,” ujar Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Kamis (16/5).

Ia menyampaikan koordinasi dengan Lapas Narkotika Hinai Langkat di Jalan Simpang Farm Desa Domba Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat juga sudah dilakukan untuk mempermudah pengejaran para napi yang melarikan diri, termasuk identitas dan ciri-cirinya.

“Pendataan para napi yang melarikan diri sudah dilakukan, supaya dapat segera ditangkap kembali,” terang Agus.

Kapolda juga mengimbau kepada napi yang kabur agar segera menyerahkan diri. Ditegaskannya, kepolisian tetap akan melakukan pencarian, serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mencari para warga binaan yang kabur tersebut.

“Sebaiknya jalani sisa hukuman. Karena lari bukan menyelesaikan masalah, dan justru malah menambah masalah baru. Jadi serahkan diri, daripada menyesal belakang hari,” imbaunya.

Diberitakan sebelumnya, Lapas Narkotika di Jalan Simpang Farm Desa Domba Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat, dikabarkan rusuh, sejumlah kendaraan terbakar, Kamis (16/5) siang tadi.

Akibat kerusuhan ini sekitar 200 orang narapidana melarikan diri dari sel. Belum diketahui pasti apa penyebab kerusuhan tersebut.(wo)