Polsek Patumbak Tangkap Spesialis Pembobol Rumah Kosong


Medan – HN (31), spesialis pembobol rumah kosong diringkus personel Unit Reskrim Polsek Patumbak. Pelaku adalah warga Jalan Pertahanan, Kampung Lama Gang Infak, Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak.

HN membobol rumah tetangganya sendiri, Nurkholina Nasution, warga Jalan Pertahanan Kampung Lama Dusun VI Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak. Dalam kejadian ini, korban merugi Rp15 juta.

HN mengatakan, malam itu dia mengetahui rumah korban dalam keadaan kosong, kemudian masuk melalui jendela kamar mandi. Usai membonkar jendela kamar mandi pelaku menuju ke kamar.

Di kamar, pelaku tidak menemukan barang berharga. Kemudian HN menyisir ke ruang tamu. Dari ruang tamu pelaku menemukan kamera, DVD, speaker, celengan dan barang berharga lainnya.

Barang-barang itu kemudian dimasukkannya ke dalam sarung. “Setelah berhasil, saya keluar lewat pintu belakang,” ujar HN.

Berhasil menggondol barang-barang dari dalam rumah korban, pelaku kemudian menjual speaker dan DVD pada rekannya seharga Rp180 ribu. Uang hasil penjualan speaker dan DVD-nya itu ia gunakan untuk membeli susu anaknya.

Mengetahui rumahnya dibobol maling, korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Patumbak. Usai menerima laporan korban, petugas langsung melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan dan pengembangann akhirnya petugas membekuk pelaku saat sedang berada di warung milik Eko di Jalan Pertahanan Kampung Lama Gang Infak, Desa Patumbak Kampung, Kecamatan Patumbak.

“Saat diamankan pelaku tidak melakukan perlawanan. Pelaku dan barang bukti langsung kami boyong ke mako,” ujar Kanit Reskrim Polsek Patumbak, AKP Ferry Kusnadi, Senin (9/1).

Atas perbuatannya, sebut Ferry, pelaku dipersangkakan melanggar Pasal 363 Ayat 2 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan (Curat) dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.
(ial)