Tangkal Hoax, WhatsApp Batasi Pesan Forward Hanya 5 Kali

Ilustrasi WhatsApp.Ist

Jakarta | Jurnal Asia
Demi menangkal hoax, WhatsApp dipastikan secara drastis bakal membatasi berapa kali pesan dapat di-forward atau diteruskan penggunanya.

Hal tersebut diinformasikan langsung Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara bersama VP Public Policy and Communication WhatsApp Victoria Grand.

“Mulai besok pesan yang di-forward hanya bisa lima kali,” kata Rudiantara saat konferensi pers di Gedung Kominfo, Jakarta, Senin (21/1/2019).

Keputusan ini tidaklah mendadak. Mulanya, Menkominfo membawas soal maraknya hoax di media sosial bersama sejumlah negara dan perwakilan WhatsApp.

Gayung bersambut pihak WhatsApp pun punya kegelisahan yang sama akan hal itu. Dari sana, anak usaha Facebook ini mengembangkan fitur pembatasan pesan yang bisa di-forward.

“Modusnya selama ini konten hoax diposting di Facebook, di-screenshot lalu take down. Screenshootnya diviralkan lewat WhatsApp. Nah kita berupaya mengurangi viralnya ini,” jelas Menkominfo.

“Kalau kontennya positif kami selalu support, diforward sebanyak mungkin tidak masalah. Tapi kalau konten negatif seperti hoax, harus kita kurangi,” pungkas pria yang kerap disapa Chief RA itu.(detik/wo)