SBY Penentu Calon Kepala Daerah dari Demokrat

Makassar | Jurnal Asia
Ketua Tim enam desk Pemilihan Kepala Daerah Demokrat Sulawesi Selatan, Jafar Hafsah menyatakan penentuan nama calon kepala daerah ditentukan oleh Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono.
“Saya hanya menjaring dua nama dari 11 kabupaten yang akan melangsungkan Pilkada Serentak, tetapi intinya Pak SBY yang nanti menentukan,” ujarnya usai uji kelayakan para calon di Makassar, Rabu.

Menurut dia, peluang semua pendaftar bakal calon bupati maupun wakil bupati tetap sama, namun Demokrat Sulawesi Selatan hanya akan mengusung kandidat yang bisa bertarung, bukan sekadar yang coba-coba.

Selain itu mantan Ketua MPR ini menyebutkan bukan hanya hasil survei peserta yang menjadi dasar tetapi hasil uji kelayakan dan kepatutan akan menjadi pertimbangan dalam memutuskan nama untuk dikeluarkan rekomendasi. “Hasil survei popularitas dan elektabilitas bakal calon, juga menjadi bahan termasuk hasil dari tes ini,” kata dia.

Anggota tim enam Demokrat Sulawesi Selatan Syamsul Mappareppa menambahkan Demokrat tidak mesti mengusung kader internal tetapi bila mana dari eksternal lebih baik, maka partai ini akan mengusungnya. (ant)