Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1440 H/2019 Dimulai Senin Besok

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin langsung sidang penentuan 1 Ramadhan 1440 H. Foto Kementrian Agama RI.

Jakarta | Jurnal Asia
Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada esok hari, Senin 6 Mei 2019.

Sidang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 18.50 WIB seusai salat magrib. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memimpin langsung sidang penentuan 1 Ramadhan 1440 H.

“Sidang Isbat secara mufakat bersepakat untuk menetapkan bahwa 1 Ramadhan tahun 1440 Hijriah jatuh pada esok hari, hari Senin tanggal 6 Mei 2019,” kata Menag Lukman seperti disadur lewat detik.com.

Mewakili pemerintah, Lukman menyampaikan ucapan selamat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Ia juga mengimbau untuk saling menghormati dan menjaga persatuan.

“Harapan kita bersama bahwa Ramadhan tahun ini bisa kita masuki secara bersama, mudah-mudahan ini adalah cerminan. Mudah-mudahan setiap kita bisa saling menghormati satu sama lain dalam memasuki dan menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan ini,” ujar Lukman.

Lukman berharap semangat ini juga mencerminkan persatuan dan memotivasi masyarakat untuk senantiasa menciptakan kedamaian.

“Mudah-mudahan Ramadhan memotivasi kita agar senantiasa menebarkan kedamaian. Dan memotivasi kita agar kita membangun kerukunan di tengah keragaman. Pada akhirnya Ramadhan mampu membuat kita merawat dan menjaga persaudaraan kita. Persaudaraan sesama anak bangsa di Indonesia,” lanjutnya.

Lukman juga mengatakan, mewakili pemerintahan RI, dia mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa. Mudah-mudahan Ramadhan kali ini dapat memberikan berkah untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Saya mewakili pemerintah atas nama Menteri Agama, saya ingin menyampaikan selamat memasuki Ramadhan, selamat menjalankan ibadah khususnya umat muslim Indonesia. Mudah-mudahan Ramadhan ini bisa berkah di Indonesia,” kata Lukman.(detik/wo)