Debat Kedua Capres Dibagi 6 Segmen, Ini Temanya

Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan. Foto indo24tv

Jakarta | Jurnal Asia
Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan kembali menggelar debat kedua Calon Presiden (Capres), Minggu (17/2) malam ini.

Adapun tema dalam debat kedua ini yakni energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam.

Dilansir detikcom, KPU terus memantapkan persiapan jelang debat capres kedua yang dilaksanakan di Hotel Sultan. Rencananya debat capres kedua dibagi menjadi 6 segmen.

“Jadi segmen pertama adalah penyampaian visi-misi program masing-masing kandidat,” kata Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, Sabtu (16/2/2019) malam.

Wahyu mengatakan di segmen kedua dan ketiga para kandidat diminta untuk memperdalam visi-misi dan program masing-masing yang berkaitan dengan tema debat. Dalam segmen ini para kandidat akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tim panelis.

“Dengan pertanyaan dengan yang disusun oleh panelis yang disampaikan oleh moderator,” ujar Wahyu.

Pada segmen keempat, KPU menamainya segmen eskploratif. Wahyu menjelaskan dalam segmen ini kedua kandidat diberikan pertanyaan melalui tayangan video.

“Keempat kita menamai sesi eksploratif. Jadi sesi ini nanti akan ada soal dari panelis yang dibuat video pendek untuk kemudian ditayangkan dan kemudian kita minta kandidat untuk menanggapinya,” jelasnya.

Wahyu menambahkan untuk segmen kelima yaitu segmen inspiratif. Ia mengatakan dalam segmen ini kedua kandidat diberikan waktu untuk saling tanya jawab satu sama lain. Kemudian segmen keenam penutup.

“Sesi yang kelima kita menamai sesi inspiratif, itu sesi berisi tanya jawab antar-kandidat, kemudian sesi yang keenam sesi closing statement dari masing-masing kandidat secara umum,” kata dia.

Ia menjelaskan setiap segmen itu tetap diberikan batasan waktu. Selain itu, Wahyu menyebut dalam debat capres kedua ini KPU tidak meminta para kandidat untuk saling mengapresiasi satu sama lain. “Nggak ya terserah (memberi apresiasi atau tidak),” tambahnya.

Ia menjelaskan setiap segmen itu tetap diberikan batasan waktu. Selain itu, Wahyu menyebut dalam debat capres kedua ini KPU tidak meminta para kandidat untuk saling mengapresiasi satu sama lain. “Nggak ya terserah (memberi apresiasi atau tidak),” tambahnya.(detik/wo)