Uniknya Café Ismud Park | Kuliner Internasional, Harga Terjangkau

aaaaa aaa

a
Medan | Jurnal Asia
Makan merupakan satu rutinitas wajib bagi setiap insan di muka bumi. Namun setiap orang memiliki pandangan berbeda tentang kuliner. Mengenai citarasa misalnya. Banyak anggapan jika ingin kuliner bercitarasa tinggi, harus mendatangi restoran mewah.

Nah, ada satu tempat kuliner di Kota Medan yang menyajikan makanan dengan citarasa internasional bak restoran di hotel bintang lima, namun tidak membuat kantong bolong. Ya, Five Corners Café Ismud Park di Jalan Iskandar Muda No.132.

Restoran yang mulai beroperasi pada 11 November 2015 ini merupakan tempat yang tepat bagi para pemburu kuliner. Menu makanan dari berbagai negara seperti Perancis, Singapura, Korea, Mexico, Mesir, Jepang dan Indonesia disajikan di restoran yang fisik bangunannya dibuat dari kontainer (peti kemas).

Apa saja menu dengan cita rasa tinggi yang disajikan di Five Corners Café Ismud Park?

Kimchi Fried Rice
Makanan ini merupakan paduan dari masakan Indonesia dan korea. Nasi goreng yang disajikan dengan telur mata sapi dan ayam goreng juga dibalur dengan saus khas dari negara ginseng. Rasa asam yang dihasilkan saus membuat nasi goreng ini menjadi salah satu Recommended Menu di restoran tersebut.

Selanjutnya ada Roti Jhon. Kuliner ini menyatukan dua negara Perancis dan Mesir dengan komposisi, yakni roti Perancis dan martabak Mesir. Chili Crab Pasta dari Singapura. Chorizo Spring Roll dari Mexico, Sumo Bowl dari

Jepang dan masih banyak menu lainnya yang bisa kita temui, dan tentunya semua itu bisa kita nikmati dengan harga yang terjangkau. Tak lengkap rasanya jika makanan tidak didampingi minuman. Sama halnya dengan makanan, Five Corners Café juga menyediakan minuman yang mungkin cita rasanya tidak bisa didapat di tempat lain.

Seperti Green Booster. Minuman hijau ini memang beredar di pasaran. Di sini, minuman yang dibuat dari Bok Choy (sawi hijau), nenas dan mangga menjadi andalan. Di tangan chef yang berpengalaman, rasa pahit sawi hijau berubah menjadi manis dengan rasa segar yang bisa melepas dahaga.

Bukan itu saja, Ocean Fizz juga menjadi minuman yang direkomendasi. Minuman yang dibuat dari sari pati jeruk, melon, dan dipadu dengan biji selasih kemudian dicampur dengan soda, sangat cocok dinikmati saat dahaga melanda. Selain itu ada juga Strawberry Field, Purple Velvet, Liquid Mudpie, Doctor`s Order, Monkey Business dan lainnya.

Bagi pecinta kopi, Five Corners Café juga menyediakan berbagai jenis menu. Seperti Long Black, Cappucino, Hot Mocha, Coffee Dado. Mengenai konsep bangunan Five Corners Café Ismud Park yang unik tersebut, Adi Chandra Yunardi, Operational Manager, menuturkan, ide tersebut didapat dari sejumlah kafe yang ada di berbagai kota di Indonesia. Namun khusus untuk di Medan, Five Corners Café Ismud Park merupakan satu-satunya yang memiliki bangunan dibuat dengan full container dengan jumlah 12 unit.

“Konsep bangunan terinspirasi dari kafe yang ada di Batam dan daerah lainnya. Tapi di Medan, satu-satunya yang full container. Di lantai 1 terdapat food court dan di Lantai 2 Full Café dengan nama Five Corners Café,” ucap Adi didampingi Head Barista, Andre saat disambangi Jurnal Asia, Rabu (13/4) sore.

Lebih lanjut Adi menerangkan, café ini beroperasi dari Senin sampai dengan Minggu. Untuk akhir pekan, pengunjung akan dihibur dengan acara live music yang menampilkan band lokal. “Untuk hari Senin sampai Kamis, kita akan memutar musik untuk mengisi kesunyian,” katanya.

Adi membeberkan, pada awal kafe tersebut dibuka, ia sangat kewalahan dengan banyaknya complain dari pengunjung. Seperti lambatnya pelayanan makanan yang akan disajikan. Bukan tanpa alasan, hal itu terjadi karena kurangnya tenaga kerja yang ada.

“Komplain itu pasti ada. Seperti pelayanan makanan yang lama. Tapi itu pas satu bulan baru buka. Satu hari itu bisa sampai 10 lembar orderan, tak cukup dengan pekerja cuma 30 orang. Saya juga terkejut dan tidak menyangka, namanya juga baru.

Tapi kami terus memperbaikinya dengan menambah pekerja agar kualitas pelayanan lebih maksimal. Totalnya sekarang ada 40 orang pekerja. Dan mudah-mudahan setelah kurang dari 6 bulan restoran ini buka, belum ada complain lagi,” terangnya seraya mengatakan bahwa pelayanan konsumen adalah prioritas utama Five Corners Café Ismud Park.

Agar pelayanan konsumen lebih maksimal, sambung Adi, ia menerapkan kepada pekerja dengan prinsip 3 S, yakni Spirit (Semangat), Speed, (Kecepatan), Smile (Senyum). “Pekerja harus tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya. Kemudian juga harus cepat dan sigap. Untuk mengaplikasikan kecepatan tersebut, kita bekali pekerja dengan alat komunikasi HT (handy talky) agar satu pekerja dan lainnya bisa kordinasi. Dan yang terakhir adalah senyum dan ramah tamah kita berikan kepada konsumen,” ujarnya.

Adi menambahkan, sejauh ini banyak konsumen yang datang. Rasa penasaran terhadap bangunan unik dan menu makanan disajikan membuat Five Corners Café Ismud Park selalu ramai. Selain restoran, disini juga disediakan VIP ROOM untuk kegiatan acara dengan kapasitas 15 orang.

“Sejauh ini banyak yang datang. Mudah-mudahan kedepannya restoran ini tetap ramai dikunjungi. Dan tentunya kita akan memberikan sesuatu yang berbeda. Setiap 6 bulan akan ada menu baru. Dan kita sajikan dalam waktu dekat. Rencananya juga akan dibuka restoran dengan konsep yang sama di tempat lain,” pungkasnya.
(mag-08)