Masyarakat Diminta Tenang | Isu Gempa Bumi Hingga 9 SR di Kota Medan Hoax

Medan – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah l Medan membantah adanya info gempa dengan kekuatan besar yang akan terjadi di Kota Medan dan sekitarnya.

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Informasi BMKG Wilayah l Medan, Syahnan mengatakan, beredarnya informasi yang menyatakan akan terjadi gempa dengan kekuatan 5 hingga 9,0 Skala Richter adalah berita hoax atau bohong.

“Info itu tidak benar atau hoax,” katanya, Jumat, (11/8).

Syahnan menjelaskan, terkait gempa, sampai saat ini gempa bumi tektonik belum dapat diprediksi, kapan dan dimana akan terjadi.

“Informasi yang beredar di media sosial itu jelas tidak benar. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan, dimana dan berapa kekuatan gempa. Makanya kita buat pernyataan resmi dan sudah kita sebarkan,” jelasnya.

Atas informasi hoax yang beredar, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang meresahkan dan tidak bertanggung jawab.

“Masyarakat diimbau untuk tidak panik akan isu-isu yang tidak benar itu. Karena info yang resmi itu adalah informasi dari BMKG,” imbaunya. (anol)