Gubsu Luncurkan Sertifikat ISO 9001:2008

Medan | Jurnal Asia
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Gatot Pujo Nugroho meminta Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Sumatera Utara (BPPTSU) terus berupaya mewujudkan pelayanan prima walaupun telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 Manajemen Mutu. “Sebenarnya, bicara soal perizinan mohon maaf, tidak pun ada ISO, se­ha­rusnya kita sudah menjadi orang yang mampu memberikan pelayanan per­izinan terpadu karena nilai-nilai kearifan lokal kita dan nilai-nilai budaya kita me­ngajarkan itu semua,” kata Gubsu saat memberikan sambutan launching ser­tifikasi ISO 9001:2008 BPPTSU di Ruang Martabe Lantai II Kantor Gubsu, Selasa (16/12).

Menurut Gubsu, saat ini masyarakat memiliki daya kritis yang tinggi, sehingga tuntutan masyarakat akan terwujudnya pelayanan prima harus diwujudkan. Karena itu, tambahnya, seharusnya kalau bisa dipermudah kenapa harus dipersulit. “Kita harus tetap meningkatkan kualitas. Ayo kita berubah, ayo kita bangkit. Karena yang bisa merubah, yang bisa bangkit adalah dimulai dari kita sendiri,” ujarnya.

Gubsu mengatakan, ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian, salah satunya faktor SDM yang harus ditingkatkan. “Saya yakin dan saya sadari daya saing itu kuncinya dalah SDM, hari ini kita dapatkan dan harus kita pertahankan dan ke depan harus kita tingkatkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPPTSU Sar­madan Hasibuan melaporkan, Badan Pe­layanan Perizinan Terpadu Sumatera Utara dituntut harus bekerja dengan standar, tersistem dan transparan, untuk itu setidaknya diperlukan tiga SOP utama, yaitu SOP Kelembagaan, SOP Perizinan dan SOP tentang Tim Teknis. Untuk mengimplementasikan ketiga SOP utama tersebut pada BPPT Sumatera Utara maka dapat diimplementasikan dengan penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.

Apalagi, tambahnya, tantangan glo­bal yang dihadapi dunia tidak dapat dihindari baik dari sektor pemerintah maupun swasta, semua pihak dituntut untuk mempersiapkan diri agar mampu bertahan dalam menghadapi kondisi tersebut. Seiring dengan globalisasi ini, standarisasi manajemen telah menjadi isu utama khususnya terkait dengan standarisasi sistem manajemen.
“Standar ini merupakan sarana atau sebagai alat untuk mencapai tujuan dan sasaran mutu yang diharapkan mampu menjawab perkembangan globalisasi sehingga mampu mencapai efektifitas dan efesiensi suatu organisasi,” katanya.

Kegiatan ini juga berdasarkan pera­turan Gubsu No.6 Tahun 2014 tentang DPA APBD BPPTSU dan surat Keputu­san Ke­pala BPPTSU No. 503.893/536/BPPTSU/1/V/2014 tentang panitia pe­lak­­sana kegiatan pendampingan dan pe­latihan aparatur BPPT Provsu Oleh Lembaga sertifikasi manajemen mutu tahun anggaran 2014. “Peserta yang diundang pada kegiatan ini adalah para asisten, staf ahli dan kepala SKPD di lingkungan pemerintah provinsi serta kepala PTSP kabupaten/kota,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Hasnop Putra dari American Syistem Regestration Internasional Indonesia memberikan sertifikat ISO 9001:2008 Manajemen Mutu kepada Kepala BPPTSU Sarmadan Hasibuan, selanjutnya Achmad Tir­mizi selaku President Director PT Qims Intrasindo Consulting Training mem­be­rikan plakat penghargaan kepada Gu­bernur Sumut Gatot Pujo Nugroho.
(andri)

Close Ads X
Close Ads X