Diskusi di Unpab | Penyusunan RKUD Diharapkan Perhatikan Pembangunan Sumut


Medan – Rektor Universitas Pem­bangunan Panca Budi (Un­pab) Dr H Muhammad Isa In­dra­wan SE MM berharap, pe­nyusunan Rencana Umum Ketenagalistrikan Daerah (RU­KD) hendaknya betul-betul mem­perhatikan pembangunan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Penyusunan RKUD itu juga harus memperhatikan aspirasi masyarakat daerah,” kata Isa Indrawan saat berbicara pada Focus Group Disscusion (FGD) tentang Penyusunan RUKD di Kampus Unpab, Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (16/2).

Menurutnya, masyarakat daerah harus memberikan masukan kepada pemerintah pusat dan daerah dalam pe­nyusunan RUKD. Karena dae­rah yang paling tahu apa yang dibutuhkan daerahnya.

FGD yang digelar atas ker­jasama Unpab Medan, Mas­yarakat Ketenagalistrikan In­donesia (MKI) Sumatera Utara (Sumut) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu dihadiri Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Dr A Sonny Keraf, Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM, Wakil Ketua Umum I Dewan Pimpinan Pusat (DPP ) MKI Andri Doni, Ketua Bidang Energi Baru Terbarukan DPP MKI Joko Winarno, Jadima Purba dari PLN Wilayah I Sumut dan pengurus MKI Sumut.

Isa Indrawan yang juga Sekretaris MKI Sumut me­nga­­takan, penyusunan ran­cangan RUKD provinsi dilak­sanakan oleh satuan kerja perang­kat daerah (SKPD) pro­vinsi yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang ketenagalistrikan.

“Penyusuan RUKD harus me­ngi­kutsertakan semua pihak terkait baik langsung mau­pun tidak langsung di sektor ketenagalistrikan yang berada di wilayah administrasinya,” tandasnya.

Anggota DPD Parlindungan Purba mengatakan, sebelum menggelar FGD, pihaknya telah melaksanakan diskusi singkat terkait penyusuunan RUKD Sumut. Sedangkan pada FGD kali ini merupakan sinkronisasi penyusunan RUKD.

Disebutkannya, dari FGD diharapkan sebagai langkah awal untuk mengambil keputusan tentang masalah kelistrikan di Sumatera Utara.

“Bahkan untuk itu saya sudah bicara kepada Gubernur HT Erry Nuradi, dan beliau sangat mendukung FGD ini,” kata Parlindungan Purba yang juga Ketua MKI Sumut.

Anggota DEN Sonny Keraf berharap, Sumut menggali dan mendayagunakan energy baru terbarukan. Sebab kalau terus menerus boros energi maka akan membuat kerusakan dan mencemari lingkungan hidup.

“Ada serangkaian kegiatan yang harus di lakukan pemerint­ah pusat untuk memastikan efisien­si energi berjalan dengan baik. Salah satunya memanfaatkan energi baru terbarukan,” kata mantan Menteri Lingkungan Hidup ini.
(swisma)