Daftar ke KPU Sumut Parlindungan Purba Maju jadi Calon DPD RI


Medan | Jurnal Asia

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumatera Utara, Parlindungan Purba memastikan diri untuk kembali bertarung di Pemilu 2019.

Hal ini ditandai dengan pendaftaran yang dilakukannya langsung ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara Jalan Perintis Kemerdekaan Medan, Senin (9/7).

Pada proses pendaftarannya, Parlindungan Purba diantar puluhan masyarakat lintas profesi maupun lintas Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA). Tampak terlihat beberapa tokoh masyarakat seperti Laksamana Adyaksa, Irwanto Tampubolon, Maha Veer Singh dan beberapa tokoh lainnya. “Saya terharu dan sangat berterima kasih kepada teman-teman yang menemani saya mendaftar untuk kembali bertarung di Pemilu 2019,” kata Parlindungan Purba.

Parlindungan menjelaskan, pendaftaran kali ini merupakan yang keempat kalinya bagi dirinya untuk maju sebagai calon anggota DPD RI. Ia mengaku kembali terdorong untuk maju karena banyaknya dorongan dari masyarakat.

Pengalamannya selama menjadi senator menurut Parlindungan juga dinilai masih bermanfaat bagi masyarakat.

“Selama ini juga saya memang selalu berupaya semaksimal mungkin dalam bekerja. Dan saya rasa masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di Sumatera Utara. Saya mohon doa restu semua masyarakat,” ujarnya.

Seperti diketahui, pencalonan untuk periode 2019-2024 merupakan yang keempat bagi Parlindungan Purba. Pada periode pertama, 2004-2009, Parlindungan Purba dilantik sebagai anggota DPD pergantian antar waktu (PAW).
Pada pemilu 2009 ia terpilih menjadi anggota DPD untuk periode kedua dan pada 2014, ia menjadi satu dari empat anggota DPD terpilih hingga 2019. Kini, ia ingin melanjutkan karirnya di Senayan.

Menurut Parlindungan, dorongannya untuk maju pada periode keempat ini karena keinginannya untuk melanjutkan apa yang sudah dikerjakan.

Peran DPD, kata Parlindungan semakin besar. Selain itu, besarnya dorongan masyarakat yang menurutnya menjadi faktor berpengaruh dalam pencalonannya.

Pendaftaran Parlindungan Purba ini diterima staf KPU Sumut, Harry Darma. Ia mengatakan Parlindungan merupakan calon DPD RI keempat yang sudah mendaftar setelah sebelumnya, Ayub Matondang, Dedi Iskandar Batubara dan Faisal Amri. “Pendaftaran akan berlangsung mulai hari ini 9 Juli hingga 11 Juli 2018 mendatang,” kata Harry Darma. (swisma/rol)