Aplikasi Istana Maimun Dongkrak Pariwisata Medan

Seorang wanita menunjukan aplikasi “Istana Maimoon” seusai diluncurkan, di Medan, Sumatra Utara, Kamis (16/2). Aplikasi berbasis andriod tersebut, untuk memudahkan wisatawan mendapatkan informasi tentang salah satu objek wisata sejarah populer yang ada di Kota Medan. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/pd/17


Pemerintah Kota Medan memberikan apresiasi atas peluncuran Aplikasi Istana Maimun karena dinilai sebagai upaya melestarikan salah satu tempat bersejarah di Kota Medan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi peluncuran aplikasi ini karena sebagai salah satu upaya untuk melestarikan peninggalan bersejarah ini,” kata Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution di Medan, Kamis (16/2), saat peluncuran aplikasi tersebut di Balairung Istana Maimun.

Ia mengatakan, Istana Maimun merupakan salah satu istana yang paling indah di Indonesia dengan arsitektur yang unik dan desain interior istana tersebut memberikan karakter yang khas.

Sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan ilmu pengetahuan serta pemanfaatan sumber daya budaya guna kepentingan komersial yang dapat membawa dampak pada peningkatan ekonomi rakyat.

“Kekayaan serta keindahan situs sejarah budaya di Medan akan menarik lebih banyak pengunjung jika secara optimal dikembangkan. Istana Maimun adalah contoh yang baik dari situs sejarah berkembang dengan baik di Kota Medan,” katanya.

Dengan peluncuran aplikasi yang dirangkai dengan penyerahan donasi CSR PT Indosat kepada Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid (Yasmar) itu diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan Istana Maimun.

“Sehingga semakin baik sebagai ikon pariwisata di ibu kota Provinsi Sumatera Utara yang memiliki daya tarik wisatawan dan selalu terpelihara,” katanya.

Sementara Pimpinan PT Indosat Muhammad Ali Safitri mengatakan, tujuan launching Aplikasi Istana Maimun itu untuk memudahkan masyarakat mengetahui lebih jelas tentang Istana Maimun dengan mengunduh menggunakan telepon genggam jenis android.

Tidak hanya masyarakat nusantara, masyarakat dunia juga dapat melihat keindahan dan kemegahan Istana Maimoon melalui Aplikasi Istana Maimun.

“Dengan melihat aplikasi ini, kita harapkan masyarakat tidak hanya di Indonesia, tetapi juga dunia semakin tertarik sehingga datang mengunjungi Kota Medan untuk melihat lebih dekat Istana Maimun,” katanya. (ant)