233 Tenaga Honorer Poldasu Resmi Jadi PNS


Medan – Sebanyak 233 tenaga honorer kategori II di jajaran Polda Sumut resmi diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Pengambilan sumpah/janji digelar di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Selasa (10/1) pagi.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Su­mut, Kombes Pol Adi Kuntoro selaku pembina PNS di jajaran Polda Sumut mengatakan, PNS yang diambil sumpahnya me­ru­pakan pengangkatan TA 2013 dan 2014.

“Pengambilan sumpah atau janji ini merupakan rangkaian kegiatan yang terakhir dari seleksi penerimaan PNS mulai dari tahapan penerimaan, ke­lu­lusan, CPNS, Prajabatan sam­pai dengan PNS penuh se­suai Peraturan Pemerintah (PP) No.21 tahun 1975,” katanya.

Di kesempatan itu, Adi Kun­toro mengingatkan para PNS yang baru dilantik agar memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap institusi Polri.

“Harus menunjukkan loyalitas yang tinggi terhadap institusi Polri yang telah mempercayakan kita untuk mengabdi kepada pemerintah, bangsa dan negara. Oleh sebab itu, hargailah kepercayaan itu dengan be­kerja secara bersungguh-sungguh karena masa depan kita di­ten­tukan dari hasil kerja keras kita. Untuk itu, mari kita syukuri anugerah Tuhan ini dengan tanggung jawab penuh dan kinerja yang berkualitas,” pesan Adi.

Dia menerangkan, saat ini masih ada sekitar 204 tenaga honorer lagi di jajaran Polda Sumut yang belum lulus ujian. Khusus PNS Polda Sumut, sesuai Peraturan Kapolri (Perkap) No.22 tahun 2010, beberapa jabatan dalam struktur organisasi pada tingkat Polda dan Polres sudah dijabat oleh PNS.

“Oleh sebab itu kepada para PNS agar senantiasa me­ning­katkan profesionalisme kerja, sehingga diharapkan mampu mengemban tugas-tugas Polri dalam fungsi pembinaan,” ucap­nya.

Adi menjelaskan, sebagai PNS Polri yang merupakan kom­plemen atau bagian yang tidak terpisahkan dalam me­ngem­ban tugas pokok Polri, khususnya di bidang pembinaan diharapkan dapat menyesuaikan diri dan mendukung apa yang menjadi kebijakan strategi pimpinan Polri secara khusus dalam program Promoter Kapolri. (ial/ril)