Bupati Karo Tinjau Jalan Rusak di Kabanjahe

Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama anggota DPRD Karo Mansur Ginting dan OPD terkait meninjau parit dan jalan yang rusak. Ist

Karo l Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi anggota DPRD Karo Mansur Ginting melakukan pengecekan terkait saluran parit di Gg 90 Katepul Kabanjahe tidak berfungsi, Senin (16/9/2019) kemarin.

Kepala Lingkungan Sakti Meliala menyampaikan keluhan warga terkait saluran parit yang tidak berfungsi, jalan rusak sepanjang 25 meter yang belum diaspal, yang berdampak air tergenang, kadang meluber kerumah warga.

“Mudah mudahan dengan kedatangan bupati ini ada solusi dan aksi nyata bukan hanya reaksi, ini harapan kami warga,” katanya.

Mendengar keluhan warga dan melihat fakta di lapangan, Bupati Karo Terkelin mengatakan kondisi ini akan menjadi atensi pihaknya.

“Untuk itu camat dan PUPR segera ajak masyarakat adakan gotong royong bersihkan sekitar jalan yang ditumbuhi rumput,” ujarnya.

Disamping itu, dikatakannya saluran parit secara manual dikorek /dinormalisasi , agar parit yang ada sekarang di depan rumah warga tersambung dengan parit yang akan dibuat nantinya.

“Ini segera lakukan, ini tugas kalian,” sebut Bupati kepada camat dan dinas PUPR.

“Segera kerjakan, ini juga salah satu faktor air tergenang, akhirnya jalan menjadi becek, cara mengatasi ini ciptakan ide kreatif, misal buatkan biopori di setiap pinggir jalan agar resapan air berfungsi,” jelasnya.

Sementara Camat Kabanjahe Frans Leo Surbakti membenarkan sudah menerima instruksi Bupati Karo terkait normalisasi parit dan pembersihan sampah serta  pembuatan Biopori  agar Gg 90 katepul saat hujan tidak kebanjiran maupun jalan yang rusak tinggal 25 meter lagi belum diaspal, menjadi perhatian serius.(Herman/wo)