Awal Pekan, Pergerakan Pasar Belum Stabil

 

Ilustrasi pergerakan IHSG.Ist

Medan | Jurnal Asia
Sempat dibuka menyentuh level 6.300, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Senin (11/8) mampu menguat di level  6.282,13. Kinerja IHSG pada perdagangan hari ini diperkirakan akan terus berkonsolidasi dikisaran psikologis 6.300.

“Hal ini lebih dikarenakan memang sentimen penggerak pasar belum begitu bagus khususnya dari sisi eksternal di mana tensi perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat cenderung mengalami peningkatan,” kata Analis Pasar Saham, Gunawan Benjamin.

Di sisi lainnya, sambungnya, penguatan IHSG tidak dibarengi dengan penguatan sejumlah mata uang Rupiah terhadap US dolar. Mata uang rupiah justru mengalami pelemahan, di mana Rupiah diperdagangkan dikisaran level 14.225 per US Dolar.

“Kinerja mata uang rupiah tertekan seiring dengan tren positif yang dibukukan oleh mata uang US Dolar terhadap sejumlah mata uang lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, sistem patokan mata uang yuan Cina yang dipatok lebih rendah juga mengakibatkan tekanan terhadap sejumlah mata uang di Asia. Tensi perang dagang yang meningkat belakangan ini masih memberikan kekhawatiran akan kemungkinan tekanan terhadap pasar keuangan domestik.(nty)