Cuaca Buruk Masih Landa Medan | BMKG Imbau Warga Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Medan | Jurnal Asia
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca buruk di Kota Medan dan sekitarnya, akan tetap terjadi hingga dua hari kedepan. Selama cuaca buruk masyarakat diimbau mengurangi aktivitas di luar ruangan, dan menghindari daerah pegunungan.

“Prediksi kondisi cuaca buruk dengan hujan deras, dan angin kencang akan terus terjadi di Kota Medan dan sekitarnya hing­ga dua hari kedepan,” ka­ta Kepala BMKG Wilayah I Ko­ta Medan, Sunardi kepada war­tawan, Kamis (26/5).

Dijelaskannya, kondisi cuaca dengan hujan deras disertai angin sudah terjadi sejak Sabtu (21/5) kemarin, sekitar pukul 14.05 WIB, terjadi hujan Sedang hingga Lebat disertai kilat/petir di wilayah Simalungun, Karo, Deliserdang, Serdang Bedagai, Langkat, Binjai, Samosir, Asahan, Toba Samosir dan Medan se­kitarnya.

“Sampai sekarang potensi itu masih ada, seperti angin putingbeliung, banjir, dan se­bagainya masih ada, karena hing­ga Juni nanti Medan se­kitarnya memasuki musim hu­jan,” kata Sunardi.
Untuk itu, dirinya mengimbau masyarakat selama kondisi cua­ca buruk ini agar mengurangi aktivitas di luar ruangan khu­susnya bila terjadi hujan deras. “Cari tempat berteduh yang aman, jangan dipaksakan ber­kendara bila cuaca buruk,” imbaunya.

Sebelumnya, Rabu (25/5) sejak sore kemarin, hujan deras melanda hingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan banjir. Hampir seluruh ruas jalan teren­dam banjir, kondisi ini jelas meng­ganggu pengguna jalan lan­taran kendaraan banyak yang mogok.
(bowo)

Close Ads X
Close Ads X