Toba Samosir Siapkan Perbup Peningkatan Mutu Guru

Tobasa | Jurnal Asia
Pemkab Toba Samosir, Sumatera Utara menyiapkan Peraturan Bupati yang akan mengatur setiap guru di daerah itu untuk mendapatkan pelatihan tahunan. “Perbup itu merupakan salah satu rekomendasi Konsultasi Publik Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang kami lakukan bersama Dinas Pendidikan Toba Samosir beberapa hari lalu,” kata Juru Bicara USAID Prioritas Sumatera Utara Erix Hutasoit.

Ia mengatakan, Peraturan Bupati (Perbup) yang akan diterbitkan itu, juga mengatur soal pembiayaan pelatihan guru yang didesain dalam tiga skema pembiayaan yang bersumber dari Tunjangan Penghasilan Profesi (TPP), Biaya Operasional Sekolah (BOS), dan APBD.

“Toba Samosir bisa menjadi model bagi kabupaten/kota lain di Sumut dan Indonesia dalam program peningkatan mutu guru. Perbup ini merupakan titik awal lahirnya guru-guru pembelajar seperti yang diharapkan Kemendikbud,” katanya.

Bupati Toba Samosir Darwin Siagian mengatakan, peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu fokus penting pemerintahannya. Menurut dia, mutu pendidikan akan meningkatkan kualitas lulusan seiring meningkatnya kompetensi guru.

Peningkatan kompetensi harus didesain melalui serangkaian pelatihan lewat program PKB. “Agar PKB bisa diterima dan diimplementasikan oleh semua elemen pendidikan, maka harus ada payung hukum yang akan mengatur tata cara pe­ngim­ple­men­tasiannya,” ka­tanya.
(ant)

Close Ads X
Close Ads X