Pemko Medan Kirim Delapan Pelajar ke Jepang

Medan | Jurnal Asia
Pemerintah Kota (Pemko) Medan memberangkatkan/mengirim sebanyak 8 orang pelajar asal Kota Medan untuk magang ke Kota Ichikawa, Jepang sejak 30 Juli sampai 8 Agustus mendatang. Selain membina hubungan baik, juga memiliki nilai yang efektif di dalam bertukar wawasan, ilmu pengetahuan, sekaligus mengembangkan dialog dan kesepahaman antar pelajar dari berbagai negara secara global.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri para pelajar untuk bersaing dengan sekolah–sekolah yang ada di negara lain. Sehingga para pelajar akan mendapatkan motivasi dan bekal dalam mempersiapkan masa depannya,” kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Medan, Ir Syaiful Bahri Lubis MSi diwakili Asisten Umum Setda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay SH saat melepas keberangkatan 8 pelajar asal Kota Medan untuk magang ke Kota Ichikawa, Jepang, di Medan Club Jalan RA Kartini Medan, Selasa (28/7) malam.

Apalagi ungkap Ikhwan, program student exchange ini tidak hanya sebatas menjalin silaturahim atau pertemanan pelajar antar negara. Lebih dari itu, pertukaran pelajar semacam ini diharapkan dapat berkontribusi bagi perdamaian, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dunia, termasuk hubungan bilarteral antar negara.

“Saya berpesan kepada para pelajar yang menjadi duta dalam pertukaran pelajar ini, hendaknya berpegang dengan pepatah yang mengatakan dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung saat berada di Kota Ichikawa nantinya. Artinya, kemana pun kalian pergi, hendaknya mengetahui norma–norma yang berlaku di daerah atau negara tersebut. Kita tentunya tidak menginginkan ada kesan negatif yang timbul karena ketidakpahaman terhadap norma–norma masyarakat terutama, di Kota Ichikawa nantinya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Badan Hubungan Kerjasama Daerah (Hakda) Setdakot Medan, Drs Rivai Nasution MM dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini adalah kesepakatan bersama antara Pemko Medan dengan Kota Ichikawa dalam merealisasikan program kota bersaudara atau sister city, khususnya program peretukaran pelajar Tahun 2015.

Sedangkan kedelapan pelajar yang mengikuti program pertukaran pelajar ini merupakan pelajar dari tingkat SMA/Aliyah di sejumlah sekolah di Kota Medan. Para pelajar sebelumnya telah diberikan pembekalan dan pelatihan sebagai pegangan dasar mereka untuk menjadi duta Indonesia, khususnya Kota Medan di Kota Ichikawa, Jepang. (mag-01)

Close Ads X
Close Ads X