Gubernur Sumbar Lepaskan 20 Ribu Benih Ikan di Kota Solok

Solok|Jurnal Asia
Gubernur Sumbar H Irwan Prayitno melepas secara simbolis sebanyak 20 ribu bibit ikan di Kota Solok tepatnya di irigasi Bandar Pamujan Lukah Pandan Kota Solok, Selasa (30/6). Pelepasan bibit ikan tersebut merupakan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat. Adapun masyarakat Kota Solok yang mendapatkan bibit ikan tersebut diwakili oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air Banda Tangah, Lukah Pandan, Kelurahan IX Korong.

Dalam kesempatannya itu, Gubernur Sumatera Barat mengharapkan agar masyarakat daerah setempat mampu menjaga dan melestarikan jenis habitat ikan dan hewan lainnya yang ada di daerah setempat. “Pemerintah akan mengeluarkan peraturan daerah (Perda) tentang pelarangan menangkap ikan atau hewan lainnya dengan cara meracuni atau dengan kemakai bahan peledak,” katanya.
Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Ir Yosmeri mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh dinasnya. Dalam waktu dekat rencananya sebanyak 370 ribu benih ikan akan dilepaskan di perairan umum yang ada di sepuluh daerah Kabupaten/Kota di Sumatera Barat.

“Untuk Kota Solok sendiri dijatahkan sebanyak dua puluh ribu bibit ikan yang terdiri 5.000 benih ikan Emas, 12.000 benih ikan Nila, dan 3.000 benih ikan Gurami”, paparnya Yosmeri.
Sementara itu, Ketua DPRD Kota Solok yang juga merupakan Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Banda Tangah, Yutris Can SE mengucapkan terima kasih atas kepedulian yang diberikan oleh pemerintah provinsi kepada Kota Solok. Lebih lanjut dikatakannya, untuk menjaga habitat hewan atau ikan yang ada, Kota Solok telah memiliki Peraturan Daerah yang mengatur pelarangan menangkap ikan dengan cara meracuni.(Yose)

Close Ads X
Close Ads X