Mengenal Potensi Goji Berry

Goji berry merupakan salah satu buah yang termasuk dalam kelas berry. Buah ini berbentuk kecil dan berwarna merah. Biasanya buah ini dikonsumsi dalam bentuk selai, manisan dan jus (goji berry juice). Beberapa masyarakat juga biasa mengkonsumsinya secara langsung. Goji berry tumbuh di dataran tinggi seperti jenis berry lainnya. Buah yang satu ini tidak dapat ditemui di pasar tradisional. Kita dapat menemukannya di supermarket terdekat. Sulitnya mendapatkan buah ini, harga goji berry terbilang cukup mahal. Disamping harga yang mahal, goji berry memiliki manfaat yang sangat besar.

Sejarah goji berry dimulai beberapa ratus tahun yang lalu. Goji berry si buah ajaib ini ditemukan oleh seorang yang berkebangsaan Tibet. Sejarah ditemukannya manfaat buah ini, bermula ketika orang Tibet ini mengkonsumsinya dalam kurun waktu yang lama. Hasilnya terlihat ketika dia dapat hidup cukup lama dibanding dengan orang-orang yang sebaya dengannya.

Tanaman goji berry ini berasal dari dataran Tiongkok. Goji berry hanya dapat tumbuh di dataran tinggi Himalaya dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat Tibet. Buah ajaib ini membutuhkan tempat untuk berkembang pada tanah yang subur. Di dataran tinggilah tempat yang paling baik bagi goji berry untuk tumbuh. Masyarakat Tiongkok mengenal tanaman ini dan mengkonsumsinya sejak ratusan tahun yang lalu dan bertahan hingga saat ini. Hal tersebut dilakukan karena secara turun temurun manfaat dari goji berry telah terbukti.

Mitos Goji Berry
Banyak anggapan yang ada di masyarakat tentang buah ajaib ini. Mitos yang ada di masyarakat mengatakan bahwa goji berry dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Mereka menyebut tangkal penyakit dengan goji berry. Ada pula yang mengatakan bahwa buah ini dapat membuat seseorang menjadi awet muda dari umur yang sebenarnya. Selain itu dengan mengkonsumsi goji berry, mereka percaya bahwa buah ini dapat dijadikan sebagai resep untuk memperpanjang umur. Kepercayaan inilah yang membuat mereka berpikir bahwa dengan mengkonsumsinya dalam waktu yang singkat, mereka akan langsung mendapatkan efek yang mereka inginkan. Juga ada yang bilang bisa menambah vitalitas pria. Makanya ada yang menyebut goji berry buah viagra.

Di sisi lain, goji berry memang buah paling banyak kandungan nutrisi. Tidak kalah pamor dengan buah manggis. Nutrisi yang terkandung pada goji berry memiliki dampak yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan dari buah ini juga sangat baik bagi kulit. Hal tersebut membuat goji berry diminati oleh kaum hawa. Nutrisi yang ada pada goji berry terdiri dari beberapa vitamin dan mineral. Vitamin A, C, B1, B2, E, omega 3, omega 6 dan omega 9. Kandungan nutrisi pada buah ini menjadikan goji berry sebagai primadona diantara buah yang lain. Hal ini terjadi karena besarnya manfaat yang terdapat pada buah goji berry ini. Termasuk untuk mengatasi diabetes. Selain manfaat yang besar, goji berry juga merupakan buah yang bernilai tinggi.

Kandungan yang terdapat pada goji berry memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Di Tiongkok, Mongolia, dan Himalaya, buah goji dikenal memperkuat “Chi”(energi vital) dan “Zen”(semangat), sehingga mengkonsumsi buah Goji selain membuat tubuh menjadi bugar, juga memperkuat mental dan membuat wajah kita selalu terlihat bersinar-sinar (ceria).

Goji berry mengandung antioksidan yang sangat tinggi, bermanfaat untuk menangkal polusi dari radikal bebas. Antioksidan baik untuk melancarkan peredaran darah. Kalau peredaran darah lancar, maka otomatis semua nutrisi yang kita konsumsi akan disalurkan dengan baik oleh darah ke otak, jantung dan disebarkan ke seluruh bagian tubuh kita secara sempurna. Kandungan Vitamin C-nya juga lebih banyak dari buah jeruk. Tiap 100 gram buah goji mengandung 73 miligram vitamin C alami. Lebih besar daripada terdapat pada jeruk. Goji berry juga mengandung vitamin B1 and B2, dan vitamin E.

Banyak manfaat kesehatan yang didapat dari buah goji berry, diantaranya dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menunda proses penuaan dini, menambah vitalitas seksual, mengurangi gangguan sakit kepala, mengatasi insomnia, mengatasi mual saat hamil, membantu menurunkan berat badan, menambah kesuburan, membantu mengatasi asam urat, mengatasi batuk kering, memperkuat penglihatan, serta memperkuat otot, tulang dan gigi.

Untuk memperoleh manfaat dari buah goji berry, anda dapat mengkonsumsi buah goji berry ini dengan cara di jus. Untuk orang yang mengalami stres sangat cocok minum jus goji ini, karena goji juga membantu menstabilkan emosi. Maka wajar sekali jika banyak produk nutrisi menyertakan goji berry dalam komposisi produk mereka. Ini dilakukan untuk menambah kualitas produk tersebut. Seperti Fiforlif, produk penurun berat badan. (int)

Close Ads X
Close Ads X