LPSK Bunga Teratai Tanam Bibit Bakau di Ekowisata Mangrove

15feb==isvan
Deli Serdang | Jurnal Asia
Lembaga Pemberdayaan Sosial Kemasyarakatan (LPSK) Bunga Teratai Medan melaksanakan penanaman sekaligus penyisipan lima ratusan bibit pohan bakau di sepanjang pinggiran pantai Ekowisata Mangrove dan Migran di Dusun II Tanjung Rejo Paluh Merbau Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Minggu (15/2). Ketua LPSK Ir Erliyanto Harahap didampingi penasehat Acai Jaya dan sekretaris Sutraningsih mengatakan, penanaman ulang kembali (penyisipan) pohon bakau tersebut terlaksana berkat kerjasama dengan Dis Potmar LantamaI I Belawan yang menyediakan bibit sebanyak 200 pohon, kemudian ITM 200 pohon dan LPSK sebanyak 100 bibit pohon.

Kata dia, untuk penanaman ulang pihak Dis Potmar Lantamail I Belawan yang dipimpin Kasubditnya Mayot Hakmer Simanjuntak menyertakan 20 orang pramuka Tata Bahari, pimpinan Hen drik membantu pelaksanaan penanaman pohon di sepanjang pinggiran pantai Mangrove yang kondisi pepohonan yang sudah ditanam sebelumnya sebahagian mengalami kematian.

Dalam pelaksanaan penanaman ulang kembali itu, hadir pula Aster Kodam I/BB Letkol Fachruddin Usuluddin, Pabandya Wan Mil Kodam I/BB Letkol Inf. Jokosu, Wadan Den Pom I/5 Mayor CPM Daniel SH, Sertu Wirananda, Kopda Lazufri, Kasubdit Dis Potmar Lantamal I Belawan, Mayor Hakmer Simanjuntak, Rektor ITM Prof DR Ilmi Abdullah, Humas Vivahmi, dari GMPA dan Menwa ITM Nehemia Bayan dan Faisal Sirait

Menurut Ketua LPSK Bunga Teratai Erliyanto Harahap, kunjungan ke lokasi Ekowisata Mangrove ini berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan dan pelestarian alam sekitar. Penanaman kembali pohon bakau disepanjang wilayah pinggiran pantai Mangrove tentunya sangat berpengaruh besar untuk menyelamatkan bibir pantai dari hantaman ombak dan air laut.

“Wajar kalau kita semua harus lebih peduli terhadap lingkungan di sekitar kita dari bencana kerusakan akibat minimnya pohon pelindung di sepanjang pantai atau di sekitar ekowisata mangrove yang ada,” ungkap Erliyanto sembari menyebutkan penanaman kembali pohon bakau itu akan kembali dilaksanakan oleh LPSK Bunga Teratai bekerjasama dengan sejumlah Bank di Medan, pada 28 Februari mendatang.

Penanaman kembali dan penyisipan pohon bakau ditandai dengan penancapan pohon pertama oleh Aster Kodam I/BB Letkol Fachruddin Usuluddin, kemudian oleh Kasubdit Dis Potmar Mayor Hakmer Simanjuntak, Wadan Den Pom I/5 Medan Mayor CPM Daniel SH, Rektor ITM Prof DR Ilmi Abdulah dan dari jajaran pengurus LPSK Bunga Teratai Medan Ir Erliyanyo Harahap disusul penanaman bersama oleh 20 pramuka Tata Bahari Belawan.
(Isvan)

Close Ads X
Close Ads X