4 BUMN Bentuk Anak Usaha Rp1 T

Jakarta | Jurnal Asia
Empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membentuk anak usaha baru yang akan menggarap proyek monorel di Bandara Soekarno-Hatta alias Sistem Angkutan Bandara atau disingkat “Sang Dara”. Anak usaha patungan ini bernama PT Angkasa Pura Adhilenka.

Anak usaha tersebut dimiliki oleh 4 perusahaan pelat merah, yaitu PT Angkasa Pura (AP) II, PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT LEN (Persero), dan PT Industri Kereta Api (INKA). Anak usaha ini punya modal dasar sebesar Rp 1 triliun.

AP II akan menjadi pemegang saham terbesar dengan kepemilikan 70%. Sedangkan Adhi Karya pegang 21%, LEN sebanyak 5%, dan sisanya INKA 4%. Perusahaan ini bergerak dalam bidang transportasi atau pengangkutan darat.

“Kegiatan usaha perusahaan adalah perencanaan, pembangunan, pengoperasian, dan pengusahaan dalam perkerataapian khusus,” kata Corporate Secretary ADHI Ki Syahgolang Permata dalam keterangan tertulis, Minggu (25/1). Selain itu, perusahaan juga akan melakukan perencanaan, pengoperasian, dan pengusahaan dalam Automated People Mover System. (Dtf)

Close Ads X
Close Ads X