Terminal Penumpang Baru Belawan Gagal Diresmikan

Belawan | Jurnal Asia
Pembangunan proyek Terminal Pe­numpang Pelabuhan Belawan yang dinilai belum kelar dibangun, hingga menyebabkan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignatius Jonan gagal me­resmikannya saat melakukan kun­jung­annya ke Pelabuhan Belawan se­ka­ligus menyaksikan penandatangan ker­ja sama konsesi pengusahaan ter­­minal curah cair pelabuhan Kuala Tan­jung Medan di Kantor PT Pelindo I (Persero) Cabang Belawan, Jumat (23/1).

Dalam hal ini Menhub yang di­dam­pingi GM Pelindo Cabang Bela­wan Sahat Prawira Tambunan ter­sebut optimis Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan akan diopera­sikan dalam waktu dekat ini, sembari memenuhi perlengkapan fasilitas yang dibutuhkan di terminal angkutan laut tersebut.

Tahun ini, tambah Ignatius, pe­me­rintah akan membangun dan memper­baiki sebanyak 77 pelabuhan. Sementara dalam 5 tahun ke depan, ditargetkan ada 300 pelabuhan yang dibangun dan diremajakan.
”Kalau tidak bangun, tidak ada pemerataan ekonomi,” ungkapnya di acara konferensi pers yang di gelar di aula Bandar Deli Terminal Pelabuhan Belawan.

“Kita targetkan pada lebaran tahun ini nantinya sudah siap melayani operasional angkutan laut di lokasi ter­minal penum­pang pelabuhan Be­la­wan Lama yang baru bahkan operasional kapal Fery sebagai angkutan jalur laut antar negara akan dibuka kembali bekerjasama dengan pihak PT Pelni maupun ASDP,” tambahnya.

Sementara informasi diterima dari kalangan pengamat kepelabuhanan menyebutkan, operasional terminal penumpang pelabuhan Belawan belum layak akibat alur keluar masuk kapal di sekitar kolam pelabuhan tersebut masih tergolong dangkal sehingga kapal penumpang seperti KM Kelud enggan untuk sandar di terminal penumpang pelabuhan Be­lawan yang baru tersebut.
(Syahril)

Close Ads X
Close Ads X