Bupati Minta Layanan untuk Lansia Ditingkatkan | 90 Lansia Terima Bantuan UEP

Bantuan
Tobasa | Jurnal Asia
Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak meng­instruksikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Camat untuk memonitoring pemanfaatan bantuan lanjut usia (lansia) serta memberikan kemudahan pelayanan bagi lansia. Hal ini diungkapkan Bupati Toba Samosir (Tobasa) pada penyerahan bantuan peralatan pertanian Usaha Ekonomi Produktif (UEP) bagi 90 warga lanjut usia (lansia), di Sanggar Kegiatan Belajar, Porsea, Kamis (11/12).

Para lansia yang berasal dari 9 kecamatan, yakni kecamatan Borbor, Nassau, Habinsaran, Pintu Pohan Meranti, Lumban Julu, Silaen, Siantar Narumonda, Uluan dan Tampahan, menerima bantuan berupa handsprayer, kereta sorong (beko), cangkul, arit, sekop dan garu.

Diterangkan, sesuai data Dinas Sosial Tahun 2013, jumlah lansia di Tobasa berjumlah 11.041 jiwa. Kondisi ini, kata Bupati Kasmin, berpengaruh pada pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia, dan untuk menyikapi hal ini, lanjutnya, pihaknya berupaya pemberian pelayanan guna peningkatan kesejahteraan lanjut usia. “Program layanan bagi lansia secara khusus, akan lebih ditingkatkan lagi,” beber Kasmin.

Untuk itu, pihaknya melalui program pada Dinas Sosial, telah melaksanakan bantuan UEP sejak tahun 2012. Untuk 2014, terangnya, bantuan serupa telah diberikan kepada 48 lansia dari Kecamatan Porsea, Laguboti dan Balige.

Sementara, Kadis Sosial Tobasa TH Sitorus menambahkan, bantuan UEP lansia ini dimaksudkan untuk menggali dan me­ngembangkan kemampuan produktifitas kerja para lansia.
Sasaran program tersebut, katanya, para lansia berusia 60 tahun ke atas, dengan kondisi kurang mampu tetapi secara fisik dan psikis masih potensial dan kreatif, serta memiliki keinginan memenuhi kebutuhan hidupnya hingga tingkat kesejahteraan lebih baik.

Disamping itu, kata Sitorus, bantuan untuk para lansia diharapkan akan memberikan ruang dalam mengekspresikan diri sehingga dapat hidup lebih sehat dan kreatif serta produktif dalam mengisi hidupnya sehari-hari.

Seperti diketahui, salahsatu bentuk pe­layanan bagi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dilakukan lewat Usaha Ekonomi Produktif (UEP), yang merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan usaha ekonomi, meningkatkan produktivitas kerja dan penghasilan secara perorangan.
(abdi.s)

Close Ads X
Close Ads X