Gunung Ontake Meletus, 30 Pendaki Ditemukan Tak Bernyawa

mount ontake
Jepang | Jurnal Asia
Petugas penyelamat menemukan sekitar 30 pendaki tak bernyawa dekat puncak Gunung Ontake, Jepang, pada hari Minggu (28/9). Para pendaki ini kehilangan nyawa setelah Gunung Ontake meletus di luar perkiraan pada hari Sabtu (27/9), demikian dikutip dari BBC, Minggu (28/9). Pada laporannya, para petugas pe­nyelamat menuliskan, ketiga puluh pen­daki tersebut tidak bernapas dan jan­tungnya tak berdenyut. Konfirmasi ke­matian para pendaki ini baru akan dise­butkan lewat pemeriksaan medis resmi.
Dikabarkan, sekitar 250 orang terjebak di lereng Gunung Ontake saat gunung tersebut meletus, namun sebagian besar berhasil menyelamatkan diri. Pencarian terus dilakukan dan diintensifkan hari ini. Para petugas penyelamat masih mencari sekitar 30 orang yang dikhawatirkan terkubur abu vulkanik. Helikopter militer berhasil menyelamatkan tujuh orang di sisi gunung pada hari Minggu. Petugas penjaga area juga berhasil menuntun beberapa pendaki yang tersesat ke tempat aman lewat jalur darat.
Gunung yang terletak sekitar 200 Km barat kota Tokyo itu meletus mendadak di hari Sabtu dan memuntahkan debu serta bebatuan. Lokasi ini merupakan salah satu tempat populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk melihat dedaunan yang berjatuhan di musim gugur.
Jepang adalah salah satu negara yang memiliki gunung-gunung berapi aktif. Selama ini negara tersebut sangat peka terhadap getaran dan tanda-tanda erupsi gunung aktif. Petugas akan mengeluarkan tanda-tanda bahaya bila ada kemungkinan erupsi. BBC melaporkan belum diketahui pasti mengapa tidak ada tanda-tanda pelarangan pendakian sebelum erupsi terjadi hari Sabtu itu. (bs)

Close Ads X
Close Ads X