Kemendikbud Sumbang 1 Unit Alat PCR ke RS USU

Anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan serahkan bantuan langsung ke Direktur Utama RS USU Syah Misya Warli.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sumbang satu unit alat tes PCR dan 500 regensia ke Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU). Bantuan tersebut untuk memperkuat kinerja RS dalam menangani sampel hasil swab dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut.

Bantuan diserahkan anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan Kamis (11/6/2020) dan diterima langsung Direktur Utama RS USU Syah Misya Warli.

Sofyan Tan menyebutkan, bantuan tahap kedua ini merupakan hasil realokasi anggaran Kemendikbud sebesar Rp405 miliar yang keseluruhannya digunakan untuk membantu penanganan Covid-19.

Baca Juga : Dampak Virus Corona, Indonesia Hadapi Darurat Pendidikan

“Dari dana tersebut, dibelilah 5 unit alat tes PCR, yang salah satunya diserahkan ke USU, sementara 4 unit lainnya dibagikan di Jawa,” katanya.

Sofyan Tan menyebutkan, selama ini RS USU hanya mengandalkan dua unit alat tes PCR, sehingga cukup kewalahan menangani sampel yang masuk.

“Inilah yang membuat pergerakan pasien positif di Sumut terlihat kecil dibandingkan daerah lain, karena dalam sehari hanya bisa menguji 300 sampel,” sebut Sofyan.

Padahal dari hasil perbincangannya dengan petugas lab, khusus untuk data sampel dari Medan yang diterima RS USU, dalam sehari, setidaknya 20 persen diantaranya positif.

Baca Juga : New Normal, Dunia Pendidikan Tekankan Kesehatan dan Keselamatan Siswa

“Dengan kondisi ini maka saya yang terpilih mewakili Medan merasa bertanggung jawab, sehingga berupaya agar alat tes PCR itu bisa dibagi ke Sumut, dan syukurnya saya berhasil,” kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Sofyan Tan berharap, bantuan alat tes PCR ini bisa meningkatkan jumlah sampel yang dites menjadi 500 sampel per hari.

“Agar ini sejalan dengan target Presiden Jokowi yang menginginkan 30 ribu sampel swab diperiksa dalam sehari,” tutupnya.(nty)

 

 

Close Ads X
Close Ads X