Bantu Kebutuhan Darah, PSMTI Sumut dan Organisasi Tionghoa di Medan Gelar Donor Darah

Kegiatan donor darah di Sekretariat PSMTI Jalan Pembangunan I Nomor 6 Medan.Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bersama organisasi lainnya menggelar kegiatan donor darah di Sekretariat PSMTI Jalan Pembangunan I No 6 Glugur Darat Medan, Rabu (20/5/2020). Kegiatan donor darah tersebut diharapakan dapat membantu stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan.

Ketua Harian PSMTI Sumut, Joko Dharmanadi mewakili Ketua PSMTI Sumut, Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc mengatakan, di tengah pandemi corona dan bulan Ramadhan seperti ini, biasanya sedikit masyarakat yang melakukan donor darah. Sehingga hal tersebut membuat stok darah di PMI minim.

“Stok darah di PMI berkurang saat ini sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan darah. Dan menyikapi surat dari PSMTI Pusat yang meminta seluruh PSMTI di daerah membantu dalam menyediakan stok darah karena itu kami ikut melaksanakan baksos donor darah, dan ini dilakukan rutin setiap tahun,” katanya didampingi Sekretaris PSMTI Sumut, Kundjung SH.

Segenap panitia dan pengurus PSMTI dan organisasi lainnya foto bersama disela kegiatan donor darah.Ist

Ia menambahkan, dengan mengambil tema “PSMTI Peduli, Setetes Darah untuk Sejuta Harapan”, PSMTI Sumut menggandeng sejumlah organisasi lainya. Antara lain PSMTI Medan, PSMTI Kecamatan dan Kelurahan, DPW Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI) Sumut dan Peranan Wanita Tionghoa Indonesia (Perwanti), Senam Peremajaan Diri (Haqi), Yayasan Kasih Sayang Abadi, Ikatan Citra Alumni Taiwan (ICATI) Sumut dan Keluarga Besar Naga Kalimata.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada organisasi yang mendukung kegiatan ini. Acara ini terlaksana dengan baik berkat kerjasama dari semua organisasi,” ujarnya.


Tokoh masyarakat Tionghoa di Medan, Wong Chun Sen menambahkan, dirinya mengapresiasi seluruh organisasi yang ikut membantu kegiatan donor darah ini.

“Pengurus PSMTI berinisiatif untuk menggelar donor darah meski di tengah suasana Covid-19 dan Ramadhan. ini merupakan kegiatan yang sangat mulia,” ujarnya.

Ketua PSMTI Kota Medan, Johan Tjongiran SH mengatakan, karena saat ini banyak masyarakat yang masih berpuasa, pihaknya menargetkan dapat mengumpulkan sekitar 50 kantong darah.

Apalagi, saat ini sedang pandemi Covid-19 dan banyak masyarakat ragu untuk donor darah padahal jika dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pasti aman.

“Target awal 50 kantong darah yang bisa terkumpul namun yang terkumpul 48 kantong darah karena ada beberapa yang tidak memenuhi syarat. Kami berharap, yang sudah terkumpul dalam acara donor darah ini dapat membantu stok darah di PMI,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan donor darah tersebut diantaranya, Ketua Panitia acara, Hendra Prawira, Ketua DPW IPTI Sumut, Henky Cong, Ketua Perwanti, Sukawati Ngaserin ,
Sekretaris Wilayah DPW IPTI Sumut, Handra, Drg. Husin selaku Koordinator Bidang Sosial dan Kemasyarakatan DPW IPTI Sumut, bidang organisasi PSMTI Sumut, Hermanto dan lainnya.

Serta sejumlah pengurus dari PSMTI Kecamatan Medan Maimun, Medan Tembung, Medan Timur, Medan Labuhan, Medan Selayang, DPW IPTI Sumut, Perwanti Sumut, Haqi, ICATI Sumut, Yayasan Kasih Sayang Abadi dan KBNK.(nty)

 

 

 

Leave a Reply