Hasil Bobol Rumah Warga Lewat Iklan Dukacita Koran, Maling Ini Berhasil Bangun Rumah

Tersangka pencurian yang diamankan polisi. Ist

 

Medan | Jurnal Asia
Spesialis pencurian modus bobol rumah berinisial Ce (42) meraup uang ratusan juta rupiah dari hasil mencuri di rumah warga yang ditinggalkan pemiliknya karena sedang berduka.

Bahkan, tersangka yang merupakan warga Jalan Gaharu Baru/Jalan Pendidikan III Gang Baru Pasar 8 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan ini berhasil membangun rumah dari hasil kejahatannya membobol rumah warga.

“Hasil kejahatannya dibeli rumah dan sepeda motor CBR,” kata Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah Tobing, Jumat (10/7/2020).

Namun, kebahagiaan pencuri ini menikmati hasil kejahatannya hanya sesaat. Kini ia meringkuk dibalik jeruji, kedua kakinya jebol ditembak. Begitu juga dengan rumah yang dibangunnya juga disita polisi sebagai barang bukti.

Baca Juga : Dorrā€¦ Maling Rumah Ini Roboh Ditembak Polisi! Tersangka Intai Korban Lewat Iklan Dukacita di Koran

Ia mengatakan dari pemeriksaan diketahui tersangka sudah beraksi di sejumlah lokasi di Medan diantaranya di Jalan M Idris, Jalan Rahmatsyah, Jalan Malaka, Jalan Parapat dan Jalan Nibung.

“Pelaku membaca surat kabar/media cetak tetang berita dukacita kemudian mereka mengecek alamat tersebut dan mengintainya kemudian ketika keluarga rumah tersebut pergi ke rumah Sosial tempat pesemayaman barulah mereka membongkar rumah sasaran nya dan mengambil barang-barangnya,” terang Kompol Martuasah.

Tersangka terkapar ditembak polisi. Ist

 

Ia menjelaskan dari pemeriksaan pihaknya turut mengamankan tersangka penadah berinisial BPS (49) warga Jalan Jermal XV Gg Sejahtera.

“Tersangka mengakui adanya membeli jam rolek sebesar Rp60 juta dan perhiasan emas sebesar Rp22 juta dari tersangka Ce,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya tersangka Ce dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Diberitakan sebelumnya, Timsus Jahtanras Sat Reskrim Polrestabes Medan menembak seorang pelaku pencurian spesialis bobol rumah di Medan.

Tersangka diketahui berinisial Ce (42) warga pinggiran rel kereta api Jalan Gaharu Baru/Jalan Pendidikan III Gang Baru Pasar 8 Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan. Dalam aksinya tersangka mengintai rumah korban lewat iklan dukacita di koran.

Informasi dihimpun wartawan, Jumat (10/7/2020) dalam aksinya tersangka membobol rumah warga Edwar (39) warga Jalan Raksa, Medan Petisah.

“Dalam laporannya, Rabu 16 Mei 2018 sekitar pukul 18.00 WIB korban pergi ke rumah duka (GME Gloria rumah sosial) untuk melayat kerabatnya yang meninggal. Sedangkan seluruh pintu dan jendela rumahnya dalam keadaan terkunci,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Medan Kompol Martuasah Tobing.

Malamnya sekitar pukul 23.00 WIB, korban pulang ke kediamannya dan mendapati pintu rumah sudah rusak. Begitu dicek, sejumlah barang-barang berharga milik korban sudah raib diantaranya 200 gram emas batangan, uang Rp300 juta, uang dollar amerika 20 ribu dan uang dolar singapura 4 ribu.

(wo)

Close Ads X
Close Ads X