Menumbuhkan Sikap Kreatif pada Peserta Didik

Oleh : Hasrian Rudi Setiawan MPdI
Siapa yang tidak senang memiliki anak yang kreatif, tentunya setiap orang menginginkan anaknya menjadi sosok seseorang yang kreatif. Untuk menciptakan genrasi yang kreatif tentu tidaklah mudah, butuh proses baik itu pembiasaan dan latihan. Pada diri peserta didik salah satu potensi yang diharapkan berkembang melalui kegiatan pembelajaran di sekolah adalah kreatifitas.

Dari berbagai hasil penelitian yang dilakukan bahwa salah satu kunci keberhasilan seseorang baik itu pada dunia kerja maupun lainnya adalah terletak pada daya kreatifits yang dimiliki oleh seseorang. Karena itu, antara kreativitas dan kesuksesan yang diraih oleh seseorang adalah dua hal yang tidak terpisahkan.

Pada umumnya orang yang paling kreatif adalah orang yang paling sukses, sebab semakin kreatif seseorang maka semakin meningkatnya potensi untuk melakukan pekerjaan, maka akan semangkin besar kesempatan untuk mendapatkan kesuksesan. Karena itu, mengembangkan kreatifitas pada peserta didik adalah suatu hal yang dinilai sangat penting untuk dapat bersaing pada dunia kerja di masa yang akan datang.

Menurut Hassan Shadily dan John M. Echols, kreatif diartikan sebagai sebuah daya cipta. Sedangkan menurut Hurlock kreatif merupakan suatu yang menghasilkan sesuatu yang baru, baik itu suatu gagasan atau suatu objek tertentu dalam suatu bentuk atau susunan yang baru.

Ada beberapa karakteristik peserta didik dikatakan kreatif, diantaranya adalah memiliki daya imajinasi yang kuat, memiliki motivasi dan minat yang tinggi, memiliki inisiatif, memiliki rasa ingin tahu, percaya pada diri sendiri, ingin selalu mendapatkan pengalaman baru, berani mengambil resiko dan berani mengemukakan pendapat dan saran.

Dalam membentuk anak yang kreatif seorang guru memiliki peranan yang besar, sebab salah satu tugas guru adalah mempengaruhi dan membentuk peserta didik sebagai generasi yang memiliki kreatifitas yang tinggi.

Pengembangan kratifitas peserta didik merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas hal ini sangat terlihat sejak bergesernya peran guru, dari yang dahulunya guru sering mendominasi kelas, berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, namun guru saat ini lebih dituntut untuk memberikan kesempatan kepada peserta didiknya untuk berperan aktif dan kreatif dalam proses belajar mengajar.

Dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berperan aktif dan mengekspesikan diri mereka di kelas, diharapkan kreatifitas peserta didik akan dapat tumbuh dan berkempang dengan optimal.

Langkah yang dapat dilakukan oleh guru untuk merangsang terbentuknya sikap kreatifitas dalam diri peserta didik, yaitu dengan menyiapkan desain pembelajaran yang dapat memberi kesempatan bagi peserta didik seluas-luasnya untuk mengeksplorasikan ke­mam­puan mereka dalam belajar.

Dalam hal ini diperlukan strategi agar peserta didik mampu meng­hasilkan gagasan yang baru, cara baru, desain baru, model baru atau sesuatu yang lebih baik daripada yang sudah ada sebelumnya.

Karena itu, peserta didik pada saat ini harus diarahkan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan pendekatan student centered learning, yaitu suatu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dengan pendekatan tersebut diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku.

Dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik tentu tidak harus mengajarkan pada satu mata pelajaran tertentu, namun harus dilakukan secara terintegrasi pada setiap mata pelajaran yang diajarkan pada peserta didik di sekolah. Sebab setiap mata pelajaran apapun sesungguhnya dapat dimanfaatkan untuk dapat mengembangkan kreatifitas peserta didik.

Namun dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik melalui pem­belajaran di kelas dibutuhkan strategi dan metode yang jitu dan tentunya kreatif juga. Untuk dapat membuat pembelajaran yang kreatif tentu membutuhkan pemikiran yang kreatif dari pendidik, hal ini dapat diartikan pendidik yang kreatif akan dapat menghasilkan peserta didik yang kreatif. Karena itu, jika seorang guru menginginkan peserta didiknya menjadi kreatif maka, guru harus merancang pembelajaran terlebih dahulu dengan kreatif dan inovatif.

Penutup
Karena itu, untuk me­ngem­bangkan dan menumbuhkan kreatifitas peserta didik guru memiliki peranan yang besar dalam mewujudkanya. Dengan tumbuhnya sikap kreatif pada diri pesera didik maka peserta didik akan memiliki skill dan dapat bersaing di dunia kerja dimasa yang akan datang.
*)Penulis Dosen FAI UMSU

Close Ads X
Close Ads X