Arsenal Juara Piala FA, Pencapaian Gemilang Mikel Arteta

Sang pelatih Mikel Arteta bersama striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang mengangkat trofi. Foto Twitter Arsenal

 

London | Jurnal Asia
Arsenal berhasil merengkuh trofi Piala FA musim 2019/2020, setelah menghempaskan Chelsea dengan skor 2-1 di Stadion Wembley, London, Inggris, Sabtu (1/8/2020) malam.

Dua gol kemenangan Arsenal dibukukan oleh Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-28 (penalti) dan 67.

Dikutp dari kompas.com, bagi Mikel Arteta, ini merupakan suatu pencapaian luar biasa karena membayar kegagalan serta masa-masa sulit yang sudah dilalui Arsenal.

Baca Juga : Tumbangkan Chelsea, Liverpool Angkat Trofi Juara Liga Inggris Musim 2019-2020

Seperti diketahui bahwa sebelum menjuarai Piala FA musim ini, Arsenal terakhir kali mengangkat trofi pada 2017.

Arteta pun menambahkan keberhasilan Arsenal menjuarai Piala FA sebagai pembuktiannya terhadap klub saat ditunjuk sebagai pelatih pada Desember 2019. Dia menggantikan Unai Emery.

“Saya sangat bangga dengan pencapaian kami karena saya tahu kesulitan dan semua yang sudah kami lalui bersama,” kata Mikel Arteta dilansir dari BBC Sport.

“Bagi saya pribadi, enam bulan terakhir merupakan masa-masa sulit. Namun, saya hanya memiliki satu misi ketika datang ke sini dan itu adalah untuk membuat para pemain dan staf percaya kami bisa melakukannya (meraih trofi).”

“Ini hari yang sangat istimewa. Para pemain bekerja sangat keras. Terima kasih kepada semua staf kami dan orang-orang yang membuat keputusan karena memberi saya kesempatan untuk melatih klub yang saya cintai,” ujar Mikel Arteta.

Kemenangan ini bukan hanya berarti bagi Arsenal, tetapi juga untuk Mikel Arteta.

Pelatih berkebangsaan Spanyol itu mencatatkan rekor sebagai pria pertama yang sukses menjuarai Piala FA bersama Arsenal sebagai pemain maupun pelatih.

Arteta pernah membantu Arsenal mengangkat trofi Piala FA pada 2014. Kala itu dia menjadi pemain sekaligus kapten The Gunners.

Enam tahun berselang, Mikel Arteta sukses mempersembahkan trofi Piala FA sebagai pelatih Arsenal.

Adapun Piala FA musim ini menjadi trofi pertama Arteta sebagai pelatih.

“Kami harus mengubah mentalitas tim. Hanya dengan melihat mereka (para pemain) di ruang ganti bersama-sama dan menikmati semua prosesnya membuat saya bangga,” kata Arteta.

“Kami bisa mencapai banyak hal dan memenangkan gelar bersama,” ujar Mikel Arteta mengakhiri.

(wo)

Close Ads X
Close Ads X