Tangani Pasien, 16 Tenaga Medis RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar Positif Corona

Ilustrasi tenaga medis.Ist

 

Makassar | Jurnal Asia
Sebanyak 16 tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar positif terinfeksi Covid-19.

Direktur RSUP Wahidin Sudirohusodo dr. Khalid Saleh mengatakan,16 tenaga medis tersebut terinfeksi setelah menangani pasien Covid-19 meski menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.

“Betul dalam waktu 3 hari sebelumnya staf kami (dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya) sudah terinfeksi konfirmasi positif,” kata Khalid saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan singkat, Jumat (22/5/2020).

Baca Juga : Hari Ini, Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idulfitri Digelar

Khalid mengatakan, kini 16 tenaga medis tersebut masih menjalani perawatan di RSUP Wahidin.

Penambahan kasus positif dari tenaga medis ini, kata Khalid, membuat pihak rumah sakit melakukan pengembangan ruang isolasi untuk pasien virus corona tersebut.

Sebelumnya, pasien Covid-19 diisolasi di Gedung Infection Center yang memiliki tiga lantai.

“Di RSWS kami lakukan pengembangan ruang isolasi. Bukan hanya di Infection Center yang 3 lantai tetapi kami kembangkan ruang perawatan Covid di Pav Palem dengan kapasitas 40 tempat tidur disertai sarana pemeriksaan penunjang X Ray mobil,” ujar Khalid.

Khalid pun mengimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di Sulawesi Selatan untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah agar tidak berkumpul sembari menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu Humas IDI Makassar dr. Wahyudi Muchsin mengatakan, tenaga medis yang positif terinfeksi Covid-19 tidak hanya ada di RSUP Wahidin Sudirohusodo.

Sebelumnya dia mengatakan bahwa ada beberapa tenaga medis yang juga positif Covid-19 karena ketidakjujuran pasien.

Sementara itu, penambahan kasus positif Covid-19 di Sulawesi Selatan terus melonjak dan kini mencapai angka 1.135 kasus dimana 676 masih dirawat, 398 sembuh dan 69 meninggal dunia.

Khusus di Kota Makassar yang sudah jadi episentrum, angka kasus positif juga mengalami penambahan yang cukup signifikan. Di kota ini sudah ada 656 kasus positif dengan rincian 319 dirawat, 289 sembuh dan 48 meninggal dunia.

Sementara angka orang dalam pemantauan (ODP) 1.013 di mana 312 masih pemantauan dan 701 orang selesai pemantauan.

Untuk angka pasien dalam pengawasan, ada 861 orang di mana 231 yang masih dalam pengawasan, 543 yang dinyatakan non-Covid-19 dan 87 meninggal dunia.(nty)