Nihil Positif Corona, Kota Tegal Tutup PSBB Dengan Sirine dan Kembang Api

Pengumuman apel penutupan PSBB di Kota Tegal. Ist

 

Tegal | Jurnal Asia
Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Tegal selama dua tahap akan berakhir hari ini, Jumat (22/5/2020). Wali Kota Tegal, Dedy Yon mengungkap wilayahnya telah bersih dari kasus positif virus Corona atau COVID-19.

“PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Tegal, secara signifikan berhasil menekan penyebaran COVID-19. Hal itu terbukti per 19 Mei 2020 Kota Tegal nol positif COVID-19,” ujar Dedy seperti dilansir dari detik.com.

Baca Juga : Hari Ini, Sidang Isbat Penentuan Hari Raya Idulfitri Digelar

Meski begitu, Dedy mengatakan akan tetap mengantisipasi kemungkinan penyebaran kembali virus Corona di wilayahnya.

“Namun Pemerintah Kota Tegal perlu melaksanakan ketentuan PSBB guna mengantisipasi penyebaran kembali COVID-19,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi mengatakan warga dilarang keluar rumah pada siang hari besok. Sebab Pemkot Tegal akan menyemprot disinfektan secara massal.

Penyemprotan disinfektan akan melibatkan puluhan mobil water Canon dari Polda Jawa Tengah. Bahkan, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriono dengan menggunakan ikut menyemprot disinfektan dari udara melalui helikopter.

Sesuai jadwal, Dedy Yon Supriono terbang dengan helikopter dari lapangan Tegal Selatan usai salat Jumat. Helikopter ini akan terbang mengitari empat kecamatan wilayah Kota Tegal sambil menyiram dsinfektan dan turun di Alun-alun Kota Tegal.

“Penyemprotan disinfektan massal melalui darat dan udara dimaksudkan guna menuntaskan dan memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Tegal,” jelasnya.

Kembang Api
Tak hanya itu, Pemkot juga berencana menyalakan sirene dan kembang api di Alun-alun Kota Tegal malam harinya.

Bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

“Iya betul,” kata Sekda Kota Tegal Johardi dilansir dari Kompas.com.

Sesuai jadwal agenda Wali Kota Dedy Yon Supriyono yang diterima Kompas.com dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Tegal, kegiatan akan diawali dengan apel petugas di Lapangan Tegal Selatan sekitar pukul 13.00 WIB.

Setelah apel, helikopter dan water cannon akan berkeliling ke empat kecamatan untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

Baca Juga : Angka Positif Covid-19 Terus Meningkat, Gugus Tugas : Terbanyak di Medan, Deliserdang dan Siantar

Warga diimbau tetap berada di rumah sampai penyemprotan selesai sekitar pukul 17.00 WIB.

Kegiatan berlanjut malam hari berupa penyalaan sirene dan kembang api sebagai tanda PSBB telah berakhir yang dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada tenaga medis.

Johardi meminta warga tak sampai berkerumun atau berbondong-bondong datang ke alun-alun.(wo)

Leave a Reply